Banyak Cerita Sejarah yang Bisa "Dijual"

Selasa, 28 Juli 2009 00:00 WIB
404x ditampilkan Nasional

TANJUNGPINANG -Kota piring. Demikian nama sebuah tempat disalah satu kelurahan yang ada di Kota Gurindam, Tanjungpinang. Memang kalau diperhartikan saat ini tidak ada yang unik dan menarik dari tempat ini karena tidak jauh berbeda dengan lokasi pem
TANJUNGPINANG -Kota piring. Demikian nama sebuah tempat disalah satu kelurahan yang ada di Kota Gurindam, Tanjungpinang. Memang kalau diperhartikan saat ini tidak ada yang unik dan menarik dari tempat ini karena tidak jauh berbeda dengan lokasi pemukiman penduduk lainnya.

Akan tetapi, dibalik penampilannya yang biasa-biasa saja saat ini, ternyata kota piring menyimpan banyak cerita sejarah kejayaan kerajaan Melayu masa lampau.

Aswandi Syahri sejarawan Propinsi Kepulauan Riau mengungkapkan, di dalam karya fenomenalnya berjudul Tuhfat Al-Nafis, Raja Ali Haji melukiskan tentang Istana Kota Piring. Dia lalu menunjukkan nukilan karya yang telah diterjemahkan tersebut. Konon, bila ke Riau, maka Yang Dipertuan Muda dibuatkan istana di Pulau Biram Dewa dengan kota yang indah-indah.

Dia juga menyebutkan beberapa bait cerita sejarah kejayaan Kota Piring yang termuat dalam Tuhfat Al-Nafis.