Semua Calon Berpeluang Menang

Jumat, 19 Maret 2010 00:00 WIB
476x ditampilkan Nasional

LINGGA - Dengan telah ditetapkannya 3 pasang calon yang boleh mengikuti pemilukada Lingga pada 26 Mei 2010 mendatang, maka peluang menang ketiga calon tersebut besar karena masing-masing punya kekuatan tersendiri baik dari partai pengusung maupun d
LINGGA - Dengan telah ditetapkannya 3 pasang calon yang boleh mengikuti pemilukada Lingga pada 26 Mei 2010 mendatang, maka peluang menang ketiga calon tersebut besar karena masing-masing punya kekuatan tersendiri baik dari partai pengusung maupun dari figur yang memang sudah dikenal dimasyarakat.

Dari analisa dilapangan pasangan Usmant Taufiq - Hanafi Ekra berpeluang besar menang karena, pertama didukung oleh partai yang mempunyai basis kuat dan loyal seperti PKS , PDIP dan PMB. Selain analisasi 5 kursi yang mendukung pasangan ini , Usmant Taufiq yang juga mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Lingga sudah cukup dikenal dekat dengan masyarakat sehingga tidak terlalu berat memperkenalkan diri lagi baik didapil I (Lingga, Lingga Utara dan Senayang) dan dapil II (Singkep dan Singkep Barat) sedangkan untuk Hanafi Ekra yang juga kader PKS ini merupakan satu-satunya putra Lingga yang menjadi anggota DPRD Provinsi yang benar-benar sering turun ke Lingga Hanafi sudah tidak asing lagi di masyarakat seluruh kecamatan yang ada di Lingga apalagi mesin partai PKS bisa dioptimalkan maka kesempatan sangat besar dibandingkan calon lain dan diprediksikan bisa diatas 40 persen dari total pemilih Lingga sekitar 65 ribu.

Untuk pasangan Daria - Abu Hasim yang merupakan incumbent sudah tidak diragukan lagi kenalnya masyarakat kepada Daria sebagai bupati Lingga, tapi atas banyaknya kasus korupsi yang terungkap beberapa tahun terakhir ini menjadi bumerang tersendiri atas kepemimpinan Daria. Kepercayaan masyarakat atas kepemimpinan Daria mulai berkurang tinggal bagaimana timses pasangan "SAUDARA" ini berjuang untuk merebut kembali hati masyarakat. Untuk Abu Hasim sebagai kepala kantor Catatan Sipil yang memang berhubungan dengan masyarakat sudah dikenal dan juga mempunyai jaringan "Mitra Capil" yang ada disetiap RT dan RW sebagai jaringan yang mungkin bisa di manfaatkan mengdongkrak suara tapi perlu diingat juga kalau mitra capil itu independen karena dibayar oleh APBD Lingga.

Harapan Daria untuk mengusai kecamatan Singkep dan Singkep Barat juga nampaknya terganjal karena majunya pasangan dari dapil II yakni Saptono dan Rudi yang sudah pasti mendengungkan rasa kedaerahan untuk wilayah Singkep dan Singkep Barat yang selama ini kurang diperhatikan. Harapannya lagi berada pada posisi Abu Hasim yang berasal dari Dapil II dan juga bersaing dengan Hanafi Ekra yang berasal dari Dabo dan mempunyai kader PKS cukup kuat untuk daerah sekitaran Dabo. Pasangan Saudara ini merupakan pasangan yang paling banyak partai pendukung dan pengusung yakni Golkar, PPP, PKNU, Hanura dan PPIB dengan total kursi 9 kursi di DPRD.

Untuk pasangan berslogan SARUNG (Saptono Rudi Unggul ), ini juga pasangan yang tidak boleh dipandang sebelah mata karena selain Saptono merupakan wakil bupati incumbent, Rudi juga merupakan anggota DPRD Lingga yang berasal dari dapil II. Sarung yang diusung oleh 2 partai ini Demokrat dan PKB ini dengan 4 kursi di DPRD mempunyai suara merata di 2 dapil seperti hasil pileg kemarin. Saptono yang bernotabane sebagai warga keturunan tionghua pasti akan merangkul warga keturunan untuk bersatu sedangkan Rudi yang berasal dari suku Jawa juga nampaknya akan mengumpulkan suara jawa yang juga cukup diperhitungkan di Lingga.

Analisa dari ketiga pasangan calon ini merupakan analisa sementara dilapangan, tapi tanggal 26 Mei nantilah penentuan siapa pemenang sebenarnya yang menjadi pilihan masyarakat Lingga untuk mempimpin Lingga lebih maju lagi pada periode 2010 - 2015 nanti. Kita lihat saja !!!***
(Kasmadi - Pimpinan Umum Terkininews.com)