Gurindam Itu Jenis Hewan Apa?

Selasa, 22 Juni 2010 00:00 WIB
489x ditampilkan Kepri Terkini

TANJUNGPINANG -Selasa (22/06/10) Buku Gurindam Mutiara Hidup dibedah di RRI Tanjungpinang pukul 02.00 WIB dinihari melalui program aspirasi merah putih yang disiarkan pada 63 stasiun RRI se-Indonesia. Dialog tersebut mendapatkan respon positif dari
TANJUNGPINANG -Selasa (22/06/10) Buku Gurindam Mutiara Hidup dibedah di RRI Tanjungpinang pukul 02.00 WIB dinihari melalui program aspirasi merah putih yang disiarkan pada 63 stasiun RRI se-Indonesia. Dialog tersebut mendapatkan respon positif dari masyarakat nusantara.

Sebagai narasumber dalam dialog tersebut adalah Rendra Setyadiharja penulis buku Gurindam Mutiara Hidup dan manajer marketing STISIPOL Press, Raja Dachroni. Dialog tersebut mendapatkan respon dari penelepon Makasar, Bandung, Tanggerang bahkan Papua.

"Latar belakang saya menulis ini adalah upaya untuk melestarikan Gurindam kepada masyarakat secara luas karena pasca Gurindam Dua Belas karangan Raja Ali Haji nyaris karya sastra klasik berbentuk gurindam hilang begitu saja," kata Rendra Setyadiharja.

Sementara itu, salah seorang penelepon dari Purwokerto mengatakan belum tahu gurindam itu apa. "Gurindam itu apa ya, sejenis hewan apa, soalnya dulu waktu kecil saya sering ditakutin ma orangtua saya kalau keluar malam nanti ditangkap gurindam," ujarnya membuat narasumber tertawa geli.

Menanggapi hal tersebut, manajer marketing STISIPOL Press, Raja Dachroni mengungkapkan mungkin yang dimaksud adalah gondam, jelas beda dengan gurindam. "Jelas gurindam adalah karya sastra Melayu klasik yang hampir mirip dengan pantun," jelas manajer marketing STISIPOL Press Raja Dachroni sembari menahan ketawa.