Hari Ini, KPU Bahas DP4

Jumat, 9 Juli 2010 00:00 WIB
421x ditampilkan Kepri Terkini

BATAM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam di jadwalkan Jum'at (9/7) besok akan menggelar rapat terkait pemutakhiran data Daftar Potensial Pemilih Pemilukada (DP4) yang akan di jadikan acuan pemilih potensial pada saat pemilihan Walikota Batam
BATAM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam di jadwalkan Jum'at (9/7) besok akan menggelar rapat terkait pemutakhiran data Daftar Potensial Pemilih Pemilukada (DP4) yang akan di jadikan acuan pemilih potensial pada saat pemilihan Walikota Batam.

"Besok akan ketahuan jumlah pemilih potensial di Batam," kata Abdul Rahman, Ketua Pokja Pencalonan KPU Kota Batam menjawab wartawan di Nagoya, Kamis (8/7).

Agenda tersebut, kata Abdul Rahman sangat penting mengingat untuk mengetahui jumlah pemilih rill pada saat pemilihan Walikota dan dari angka tetap itulah nantinya akan jadi acuan ketetapan bakal calon independen untuk mendaftar. Dijelaskannya, KPU memiliki surat keputusan no. 68 tahun 2009 yang menetapkan bahwa bagi partai yang memiliki angka 15 persen dapat mengajukan calon tanpa berkoalisi dan itu hanya bisa di lakukan oleh Partai Demokrat yang memiliki 14,85 persen dengan jumlah kursi mencapai 7.

"Yang lain wajib berkoalisi untuk mencukupi persentase itu,"katanya.

Untuk calon independen berdasarkan ketentuan KPU tersebut, kata Abdul wajib memiliki foto kopi Kartu tanda Penduduk (KTP) pendukung sebanyak 3 persen dari total jumlah penduduk di Batam.

"Itu malah sudah ketentuan UU No.22/2009,"pungkasnya.