Shalat Berjamaah Latih Manusia Pahami Kebersamaan

Jumat, 13 Agustus 2010 00:00 WIB
428x ditampilkan Nasional

BATAM - Badan Dakwah Islam Indonesia (BKDI) Otorita Batam (OB) mengadakan pengajian rutin setiap hari dari Senin sampai Kamis selama Ramadhan.
BATAM - Badan Dakwah Islam Indonesia (BKDI) Otorita Batam (OB) mengadakan pengajian rutin setiap hari dari Senin sampai Kamis selama Ramadhan. Hari pertama pengajian atau pada hari kedua puasa, Kamis (12/8) BKDI OB mendatangkan penceramah Ustadz DR KH Ahmad Mustain Syafii dari Pondok Pesantren (Ponpes) Jobuireng Jombang Jawa Timur. Dalam Tauziahnya, Ahmad Mustain mengingatkan bahwa selama masa bulan suci ramadhan ini pahala umat muslim akan dilipat gandakan Allah SWT. Sama halnya seperti sholat Tarawih secara berjamaah merupakan latihan bagi umat muslim untuk melatih empati kebersamaan antar sesama umat.

Ahmad Mustain mengatakan menjalani ibadah puasa di bulan suci Ramadhan adalah wajib bagi setiap muslim. Pada bulan Ramadhan, ibadah yang dilakukan setiap muslim juga dilipatgandakan Allah SWT. Seperti halnya shalat berjemaah yang dilakukan setiap muslim baik shalat wajib lima waktu dan shalat tarawih yang dilakukan pada saat malam hari.

Shalat berjemaah katanya kalau dicermati sebenarnya adalah cara untuk melatih kebersmaan manusia hidup didunia. Artinya, tanpa kebersamaan tentunya tidak akan terjadi shalat berjemaah. Dan kalau dihubungkan dengan pekerjaan sehari-hari pun, tanpa orang lain jelas pekerjaan juga tidak bisa dilaksanakan dan diwujudkan.

"Untuk itu, melalui bulan suci Ramadhan ini perbanyaklah shalat berjemaah dan mengaplikasikan arti shalat berjemaah itu dalam kehidupan sehari-hari. Perbanyaklah amal ibadah lainnya, karena bulan baik yang diberikan Allah SWT ini kesempatan baik bagi seluruh umat muslim,"katanya.

Shalat lima waktu, katanya, merupakan cara manusia menjalin komonikasi dengan Allah SWT. Selama shalat, yang dihitung ada sekitar 5 menit itu derajat keimanan manusia juga semakin bertambah. Tapi, keimanan itu juga semakin diuji Allah SWT, karena selepas shalat manusia lebih banyak mengahabiskan waktu dalam keadaan iman yang labil.

"Itu lah yang harus dibentengi oleh manusia. Jangan selepas keluar dari rumah ibadah usai melaksanakan shalat berjemaah, manusia kembali lupa diri dan mengerjakan perbuatan dosa,"ucapnya.

Ketua Panitia Ramadhan 1431 H OB atau BP Batam, Tato Wahyu mengatakan, pengajian BKDI OB pada hari ini diikuti sekitar 200 pegawai di lingkungan OB. Pengajian ini akan terus berlangsung hingga akhir Ramadhan nanti. Selama Ramadhan, Ketua OB, Mustofa Widjaja juga mengadakan safari Ramadhan ke tujuh tempat di Batam.

"Pengajian BKDI OB akan diisi dengan penceramah lokal dan dari luar Batam. Seperti hari ini kita juga mendatangkan ustadz dari Ponpes Jombang Jatim,"katanya.