Wagub Soerya Direncanakan Buka OPA FK-PTS

Sabtu, 25 September 2010 00:00 WIB
502x ditampilkan Kepri Terkini

TANJUNGPINANG -Rencana forum komunikasi perguruan tinggi swasa (FKPTS) Kepulauan Riau menyelenggarakan Orientasi Pengenakan Akademik (OPA) pada Senin (27/09/10) di lapangan Pamedan rencana akan dibuka oleh Wagubkepri H. M. Soerya Respationo.
TANJUNGPINANG -Rencana forum komunikasi perguruan tinggi swasa (FKPTS) Kepulauan Riau menyelenggarakan Orientasi Pengenakan Akademik (OPA) pada Senin (27/09/10) di lapangan Pamedan rencana akan dibuka oleh Wagubkepri H. M. Soerya Respationo.

Demikian ungkap ketua pelaksana kegiatan M. Faizal kepada terkininews.com. Menurutnya, selain dihadiri oleh Wagubkepri, rencana kegiatan itu akan dihadiri juga oleh pakar edu-prenuer Prof. DR. Firdaus LN yang juga merupakan guru besar Unri.

"Pembicara utama pada OPA adalah Prof. DR. Firdaus LN (Guru Besar Universitas Riau dan Edu-Preneur). Direncanakan Wakil Gubernur Kepulauan Riau akan memberikan sambutan sekaligus membuka acara ini secara resmi," kata M. Faizal yang juga merupaka dosen di STTI Tanjungpinang.

Ada beberapa tujuan terkait pelaksanaan OPA bersama ini. Pertama, Mempererat silaturahmi bagi civitas akademika antar perguruan tinggi swasta yang ada di Provinsi Kepulauan Riau, khususnya di Kota Tanjungpinang. Kedua, memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada calon mahasiswa baru terhadap dunia kampus khususnya dibidang akademik.

Ketiga, mengubah image yang ada dimasyarakat, bahwa OSPEK tidak identik dengan kekerasan / perpeloncoan sebagaimana yang diwacanakan oleh masyarakat selama ini. Namun kegiatan ini lebih memfokuskan materi akademik sehingga diharapkan para calon mahasisw paham akan tugas dan tanggungjawabnya sebagai mahasiswa.

Selain itu, kegiatan ini juga memberikan pencerahan kepada mahasiswa baru bahwa kuliah di kampus bukan hanya mencari status atau ijazah.

"Selama ini banyak calon mahasiswa yang melanjutkan studi di perguruan tinggi hanya karena gengsi melihat teman-temannya kuliah, atau mereka hanya ingin mengejar karier kepangkatan di tempatnya bekerja. Akan tetapi mereka tidak menyadari akan arti pentingnya pemahaman ilmu selama di perguruan tinggi ini," tambah Faizal.

Ditambahkannya bersama dengan PTS lain ia ingin mengubah pandangan bagi calon mahasiswa, bahwa kuliah bukan hanya menjadi sarana untuk memperoleh status / gelar kesarjanaan semata, akan tetapi kuliah lebih memiliki konsekwensi moral dengan melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi (Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat).

Sehingga diharapkan mereka mampu mengimplementasikan ilmu yang diperoleh untuk diterapkan di masyarakat baik selama mereka masih duduk dibangku perkuliahan, maupun setelah mereka tamat dari perguruan tinggi.

Kegiatan ini direncanakan akan diikuti oleh 1000 lebih mahasiswa baru dari tujuh PTS yang ada di Tanjungpinang sebut saja STISIPOL Raja Haji, STAI Miftahul Ulum, STIE Pembangunan, STTI, Akbid Anugrah Bintan, ABA Pelnusa dan STIKOM Iga.