Muhammadiyah Karimun Sholat Idul Adha Hari Sabtu 4 Oktober

Kamis, 2 Oktober 2014 14:33 WIB
590x ditampilkan Karimun

KARIMUN--Muhammadiyah menetapkan Idul Adha jatuh pada Sabtu 4 Oktober. Dalam maklumat yang dikeluarkan Muhammadiyah, hari Arafah jatuh Jumat 3 Oktober. Penentuan hari raya tersebut dilakukan melalui metode Hisab sebagaimana dilansir oleh website resmi Muhammadiyah kota Bekasi.

 

Ketua PP Muhammadiyah Kabupaten Karimun, H Bustami Datuk Raja Marah mengatakan, pihaknya telah menetapkan hari raya Idul Adha 10 Dzulhijah 1435 Hijriyah jatuh pada hari Sabtu besok (4/10). Hal itu berdasarkan perhitungan hisab atau dikenal dengan "hisab hakiki" yang dilakukan Majelis Tarjih Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah.

 

"Kami akan melaksanakan Sholat Idul Adha pada hari sabtu 4 Oktober. Pelaksanaan sholat Idul Adha akan kami pusatkan di Masjid Nurul Ihsan yang berlokasi disekitaran Kota Tanjung Balai dimulai pada pukul 07.00 WIB, Sabtu (4/10)," ujar Bustami, Kamis (2/10).

 

Untuk itu ia mengimbau kepada umat Islam, khususnya warga Muhammadiyah untuk melakukan shalat Idul Adha pada tanggal tersebut. Selain itu, umat Islam disunnahkan untuk melakukan puasa sunnah ‘Arafah sehari sebelumnya.

 

Menurutnya, meskit terdapat perbedaan penetapan hari raya Idul Adha dengan pemerintah, hal tersebut hendaknya tidak perlu dijadikan permasalahan. Dan yang paling penting adalah menjaga ukhwah isalamiyah sesama umat Islam.