Penetapan Idul Adha Berbeda Jangan Dijadikan Polemik

Kamis, 2 Oktober 2014 14:39 WIB
352x ditampilkan Karimun

KARIMUN--Pemerintah akhirnya memutuskan Iduladha (10 Dzulhijah) 1435 H jatuh pada Minggu, 5 Oktober. Keputusan ini diambil setelah digelar sidang isbat yang mengumpulkan hasil rukyah (pemantauan) hilal di 70 titik seluruh Indonesia. Hasil pemantauan dinyatakan hilal tidak terlihat.

 

Dengan keluarnya keputusan versi pemerintah ini, maka Iduladha tahun ini berlangsung tidak serentak. Sebelumnya Muhammadiyah sudah mengeluarkan maklumat penetapan hari-hari besar Islam. Dimana Idul Adha ditetapkan jatuh pada Sabtu, 4 Oktober.

 

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun, H Afrizal mengatakan, sesuai hasil sidang isbat tentang penetapan lebaran Idul Adha yang ditetapkan oleh pemerintah jatuh pada hari Minggu (5/10).

 

Lebih lanjut mengatakan Afrizal, penetapan hari raya Idul Adha tahun ini mengalami perbedaan dengan Muhammadiyah. Namun perbedaan ini jangan dijadikan polemik.

 

"Tidak ada yang perlu dipermasalahkan mengenai perbedaan hari raya Idul Adha dengan warga Muhammadiyah. Yang penting kita sebagai umat Islam harus melaksanakan pemotongan hewan qurban dan keutamaannya ada disi," jelas Afrizal.