Sebuah Rumah Terbakar Diduga Karena Arus Pendek Listrik

Rabu, 5 November 2014 13:19 WIB
895x ditampilkan Karimun

KARIMUN - Diduga akibat arus pendek listrik, sebuah rumah di jalan gemuruh RT 001/ RW 002 Desa Gemuruh Kecamtan Kundur Barat, terbakar sekitar pukul 09.45 Wib tadi pagi, Rabu (5/11). Meski tidak ada korban jiwa, kerugian akibat kebakaran itu ditaksir hingga puluhan juta rupiah.

 

Api yang menghanguskan sebuah rumah milik Zaidi Bin Bujid (40), seorang pegawai Negari Sipil (PNS) yang bertugas di SMPN 2 Kundur Utara, membuat panik warga sekitar. Api yang diduga berasal dari arus pendek listrik itu terlihat pertama kali depan rumah korban. 

 

Tetangga korban Nurmala (34) yang saat itu keluar melihat api langsung bertierik minta tolong dengan sekejap warga pun sudah berkumpul memadamkan api dengan alat seadanya. Meski tak ada korban jiwa, dalam sekejap  api pun menghanguskan rumah semi permane tersebut. 

 

Kapolsek Kundur Utara Barat AKP Bob Ferizal membenarkan adanya laporan dari masyarkat terjadi kebakaran di Desa Gemuruh yang menganguskan satu unit rumah semi permane. Kebakaran dipicu oleh arus pendek listrik.

 

“Kebakaran yang melanda rumah Zaidi warga Desa Gemuruh, karena pengaruh kosleting, tidak ada hal-hal lain,” ujar AKP Bob Ferizal saat dikomfirmasi.

 

Dalam kebakaran ini, kata AKP Bob Ferizal, tidak ada korban jiwa. Bob Ferizal mengatakan api dapat dipadam atas bantuan masyarakat sekitar memadamkan kobaran api yang terus membesar.  Lebih lanjut Bob Ferizal menghimbau agar warga sebisanya memperhatikan listrik, yang bisa menngakibatkan terjadinya kosleting, maka segeralah berkordinasi dengan pihak PLN terdekat, agar bisa ditangani cepat.

 

“Warga harus berhati-hati, jika memakai listrik yang melebihi kapasitas, segera berkordinasi dengan pihak PLN, untuk bisa dicari jalan keluarnya. Jangan memaksakan, pada akhirnya berujung pada kebakaran,” ujarnya.