AS Ditolak untuk Awasi Laut Indonesia

Senin, 10 November 2014 09:37 WIB
664x ditampilkan Nasional

Dalam sebuah pemberitaan media online, CNN Indonesia, (Jumat, 7/11), pemerintah Amerika Serikat menawarkan bantuan kerjasama pengawasan laut kepada pemerintah Indonesia. Hal tersebut bertujuan untuk meminimalisir aksi pencurian ikan ilegal yang terjadi di laut Indonesia.



"Kami terbuka dengan (kerja sama) di bidang maritim. Saya sudah bertemu dengan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dan akan membicarakan lebih lanjut," ujar Duta Besar Amerika Serikat Robert Blake di rumah dinasnya, Jakarta, Kamis (6/11) petang.

Blake menambahkan, sejauh ini sudah ada kerja sama yang dilakukan di antaranya membantu melindungi area-area kelautan yang menjadi bagian dari wilayah Indonesia. "Kerja sama terkait pengawasan laut, bagaimana melindungi laut dari illegal fishing," ujar mantan asisten Menteri Luar Negeri Amerika Serikat untuk urusan Asia Selatan dan Tengah ini.

Jika pemerintah setuju, Blake mengaku akan meminta bantuan dari Angkatan Laut Amerika Serikat untuk turut memantau praktek pencurian ikan ilegal. "Ada banyak yang akan bersinergi terutama soal militer," ujarnya. *rmol.co