JK Tokoh Pertama yang Jabat Ketum PMI 2 Periode

Kamis, 18 Desember 2014 08:37 WIB
288x ditampilkan Nasional

Melalui voting, nama Jusuf Kalla keluar sebagai peraih suara terbanyak sebagai Ketua Umum PMI mengalahkan Titiek Soeharto. Ia menjadi tokoh pertama yang menjabat Ketua Umum PMI untuk dua periode berturut-turut.



Dalam Munas PMI yang dilakukan di Hotel Millenium, Jakarta Pusat, Kamis (18/12/2014) dini hari, Jusuf Kalla menang dengan perolehan suara 247 suara dari 418 suara.


Sedangkan saingannya Titiek Soeharto hanya berhasil mengumpulkan suara 170 suara. Berdasarkan informasi yang dihimpun detikcom, JK menjadi ketua umum pertama yang menjabat 2 kali sejak organisasi itu didirikan di tahun 1945. Di awal berdirinya, organisasi ini dipegang oleh Wakil Presiden Muh. Hatta hingga tahun 1946.


Setelah Hatta, PMI sempat dipimpin oleh Sutardjo Kertohadikusumo hingga tahun 1948. Sejak tahun 1948, jabatan ketua umum dijabat selama 5 tahun hingga saat ini. Selama menjabat sebagai Ketum PMI, JK menggalakkan agar berdonor darah menjadi gaya hidup sehat generasi muda.


Dalam berbagai kesempatan, JK kerap berseloroh bahwa menantu yang sehat adalah orang yang sering mendonorkan darahnya. Ia pun membangun tempat donor darah di dalam mall untuk mendukung kegiatan ini menjadi gaya hidup. Dalam Laporan Pertanggungjawabannya, JK juga mengatakan tak ingin lagi PMI turun ke jalan untuk meminta bantuan. Cara meminta bantuannya dibuat lebih elegan dengan bekerja sama dengan beberapa instansi.


"Saya kira cukup untuk jalankan proyek yang ada. Jangan kayak PMI seperti dulu mencari dana di jalan‎," ucap JK dalam LPJnya, Selasa (16/12) malam.

*Detik