BMKG Karimun Peringatkan Cuaca Ekstrim

Selasa, 30 Desember 2014 19:51 WIB
742x ditampilkan Karimun

KARIMUN - Cuaca ekstrim yang melanda beberapa wilayah di Indonesia termasuk wilayah Karimun akhir-akhir ini semakin tidak bersahabat. Stasiun Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tanjung Balai Karimun memprediksi cuaca ekstrim masih akan terjadi didarat dan dilaut sekitaran Kabupaten Karimun dalam sebulan kedepan.

 

Kepala Stasiun Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tanjung Balai Karimun, Abdul Azis kepada wartawan mengatakan, informasi cuaca ekstrem tersebut pun telah disampaikan kepada para nelayan maupun pelaku usaha transportasi laut agar berhati-hati saat berlayar. "Kami sudah beritahukan ke nelayan maupun instansi pemerintah dan vertical agar berhati-hati dalam beraktifitas khususnya dilaut." ujarnya.

 

Fenomena cuaca tersebut bakal terjadi di Karimun dengan nama Awan Cumulonim Bus (Awan CB) yang merupakan awan vertical yang tinggi menjulang. Bahkan kemungkinan buruk yang akan terjadi adalah timbulnya cuaca buruk seperti hujan lebat disertai petir dan angin kencang secara mendadak yang dapat terjadi disetiap saat, baik dilaut maupun didarat atau bibir pantai.

 

"Pada akhir Desember ini hingga akhir Januari mendatang akan terjadi perubahan iklim yakni cuaca ekstrem yang sering terjadi secara tiba-tiba disertai dengan intensitas curah hujan cukup tinggi," tambah beliau.

 

Terjadinya awan CB dilaut menurutnya pula, bisa dikenali dari perubahan awan yang landai dan memiliki "tiang" menjulang keatas. Dengan dipengaruhi oleh angin kencang. Hal ini yang akan berdampak kepada tingginya gelombang laut. (Harja)