Koramil 03/Kundur Tanam Jagung Manis Wujudkan Program Swasembada Pangan

Jumat, 16 Januari 2015 07:48 WIB
525x ditampilkan Karimun

KARIMUN - Ketahanan pangan kini menjadi isu strategis yang ikut diperjuangkan TNI AD. Komandan Rayon Meliter (Koramil) 03/Kundur, Kabupaten Karimun, bertekad membantu program pemerintah daerah guna mewujudkan ketahanan pangan di wilayah itu. Hal ini ditegaskan Komandan Koramil 03/Kundur, Kapten Inf K. Manurung,

 

"Saya akan membantu program pemerintah dalam rangka tugas teritorial dan mewujudkan ketahanan pangan. Ini menjadi program awal kita, sesuai kebijakan Presiden dan Kasad agar membantu ketahanan pangan di daerah," katanya.

 

Program ketahanan pangan yang digarap Koramil 03/Kundur lebih terfokus pada penanaman Jagung Manis dan padi. Tujuannya untuk mewujudkan peningkatan tarap hidup masyaraka dalam pertanian dan usaha. Saat ini, Koramil 03/Kundur telah melakukan penggarapan lahan sekitar 1 H di Jalan KM 6 Kelurahan Tanjungbatu Barat Kecamatan Kundur, bersma masyarakat melakukan penggarapan lahan.

 

"Saya akan membantu program pemerintah dalam rangka tugas teritorial dan mewujudkan ketahanan pangan. Ini menjadi program awal kita, sesuai kebijakan Presiden dan Kasad agar membantu ketahanan pangan di daerah," katanya.

 

Program ketahanan pangan yang digarap Koramil 03/Kundur lebih terfokus pada penanaman Padi ladang dan jagung manis . Tujuannya untuk mewujudkan peningkatan tarap hidup masyaraka dalam pertanian dan usaha. Saat ini, Koramil 03/Kundur telah melakukan penggarapan lahan sekitar 1 H di Jalan KM 6 Kelurahan Tanjungbatu Barat Kecamatan Kundurdan penyuluhan yang dilaksanakan di Kampung Jawa Tanjung Berlian Barat bersma masyarakat melakukan penggarapan lahan.

 

"Saya sudah mencetak lahan untuk penanaman Padi ladang dan jagung manis di KM 6 Keluarahan Tanjungbatu Barat an Kampung Jawa Tanjung Berlian Barat sebanyak satu hektare. Kita bekerjasama dengan kelompok tani dan masyarakat sekitar. Program ini diawasi langsung oleh anggota Koramil," terangnya.

 

Keterlibatan TNI AD dalam membangun swasembada pangan akan terus dilakukan. Hal ini sesuai dengan nota kesepahaman yang telah ditandatangani TNI AD dengan Kementerian Pertanian.

 

Adapun peran prajurit TNI antara lain melakukan penyuluhan kepada para petani dan menunjang sarana pertanian seperti pembuatan saluran irigasi, subsidi pupuk, dan pengadaan bibit.

 

Menurut K.Manurung, swasembada pangan merupakan hal yang sangat penting bagi ketahanan nasional. Dua hal itu saling berkait satu sama lain. Dia juga mengatakan identitas bangsa Indonesia sebagai negeri agraris tidak boleh hilang atau berganti menjadi negeri industri. Kendati ilmu pengetahuan dan ekonomi tumbuh semakin pesat, akan tetapi identitas agraris harus dijaga.

 

Sementara itu, salah petani Udin mengungkapkan dengan adanya program ketahan pangan yang dilakukan oleh para Prajuti TNI tersebut sangat berguna bagi masyarakat. Dengan adanya penyuluhan dan juga kerjasama yang dilaksanakan tersebut sangatlah banyak manfaatnya.

 

"Kami merasa bersyukur dengan program yang telah dilakukan oleh para tentara tersebut. Banyak yang kami dapatkan dengan program ini," ujar Udin dengan senang hati.