Pemda Himbau Nelayan Sadar Keselamatan Melaut

Senin, 19 Januari 2015 13:30 WIB
441x ditampilkan Karimun

KARIMUN - Peristiwa temuan sesosok mayat oleh rombongan kapal Pemkab baru-baru ini membuat pemerintah daerah menghimbau nelayan untuk lebih sadar dan peduli akan keselamatan selama melaut.

 

Kabag Humas dan Protokoler Pemkab Karimun M. Yosli mengatakan agar para nelayan selama mengais rezeki di laut tetap memperhatikan faktor keselamatan. "Kemarin ada temuan mayat, kami langsung menghubungi pihak TNI AL dan langsung dievakuasi. Sebetulnya kalau nelayan kita patuh dan mau memakai jaket pelampung, kemungkinan kecelakaan bisa diminimalisir." ujarnya.

 

Lebih lanjut ia mengatakan keselamatan jiwa atau nyawa yang paling penting, walaupun kapal yang digunakan terpaksa harus diterjang ombak besar. Yosli juga mengakui bahwa Bupati Karimun Nurdin Basirun telah berencana untuk turun langsung mensosialisasikan keselamatan melatu kepada nelayan se Kabupaten Karimun.

 

"Nelayan kita sudah banyak diberikan pelampung, ada yang dari pemerintah maupun dari polisi, TNI dan lainnya. Tapi masih ada juga yang tidak memakai. Maka pak Bupati rencananya akan langsung turun tangan dan menyediakan life jacket kepada nelayan. Sifatnya nanti seperti roadshow, ketika dilaut nanti menemukan nelayan langsung diserahkan jaket pelampung dan diberikan pemahaman sebentar agar menjaga keselamatan dengan mengenakan pelampung," katanya lagi.

 

Adapun strategi yang akan dilakukan agar para nelayan lebih peduli, Yosli berenana akan memberikan bonus atau reward kepada nelayan yang selalu patuh dan menjaga keselamatan seperti selalu mengenakan jaket pelampung. Bentuk penghargaan yang akan diberikan menurutnya masih dirahasiakan dan suatu saat akan langsung diberikan secara langsung ketika dalam kegiatan Bupati di laut.

 

Kegiatan roadshow tersebut menurutnya untuk melaksanakan sosialisasi terhadap nelayan. "Kita rencanakan secepatnya, bekerjasama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan dan akan dimulai dari perairan terdekat." tambah Yosli.