Warga Tanjunguban Demam Batu Akik

Senin, 2 Februari 2015 18:58 WIB
104x ditampilkan Bintan

BINTAN - Masyarakat Kota Tanjunguban di Kabupaten Bintan, khususnya kaum adamnya sedang gemarnya mengoleksi batu akik atau batu alam sebagai cincin perhiasan dan sebagainya. Pantauan Terkininews.com di lapangan, hampir di setiap warung kopi dan tempat lainnya jika sekelompok orang berjumpa pasti membicarakan batu cincin akik.

Yani Ahmad seorang tukang asah batu cincin di Jalan pasar Tanjunguban, saat ini dia bisa mendapatkan penghasilan setiap harinya lebih kurang satu juta rupiah. Sekarang ini penduduk  Kota Tanjunguban sedang gemarnya memakai perhiasan cincin batu akik. Jenis batu akik yang beredar di Kota Tanjunguban adalah jenis batu akik Sulaiman, Madu, Cempaka, Panca Warna, Macan, Kecubung Air dan Kecubung Ungu. Yang tak kalah hebatnya dibanding batu Ruby dari daerah lain.


 “Dan saat ini, batu madu yang paling diminati dan jadi primadona pria Tanjunguban,” ujar Yani Ahmad yang sepanjang hari di rumahnya orang antrian datang untuk mengasah batu. Dari tukang ojek sampai pejabat penting di daerah ini semua lagi demam batu akik.’’ujarnya, Senin (02/02/2015).