Syamsul Bahrum Sarankan UMRAH Letakkan Sisi Maritim Di Fakultas

Kamis, 5 Februari 2015 07:26 WIB
109x ditampilkan Tanjungpinang

Universitas Maritim Raja Ali Haji adalah Universitas Negeri yang ada di Provinsi Kepulauan Riau dan satu-satunya universitas yang mencantumkan kata kemaritiman di dalam nama universitasnya. Status maritim yang melekat di UMRAH dan keberadaannya di daerah Kepulauan Riau, menjadikan UMRAH punya peran penting untuk menciptakan sumber daya manusia dibidang maritim.

Dalam Workshop Jurnalisme Maritime yang diadakan di UMRAH ,Syamsul Bahrum, Asisten Gubernur Kepulauan Riau sarankan UMRAH letakkan sisi kemaritiman di fakultas-fakultas yang ada. Hal ini juga sesuai dengan salah satu dari 9 program prioritas Presiden terkait persoalan kemaritiman yakni memperkuat jati diri Indonesia sebagai jati diri maritim.

 

 

“UMRAH satu satunya kampus yang meletakkan kata Maritim di Indonesia, Kami menyarankan pada pak rektor,  di UMRAH tidak hanya nama maritim saja, tapi difakultasnya juga Universitas Maritim. Kita juga harus berani menyebutkan misalnya fakultas hukum itu fakultas hukum maritim, fakultas ekonomi itu fakultas ekonomi maritim. “ Jelas Syamsul.

 

 

 

Syamsul Bahrum menambahkan bahwa dengan menyeluruhkan konsep maritim di Fakultas UMRAH , kemampuan dari sisi pembangunan sumberdaya manusia di bidang maritim akan meningkat. Sehingga lulusan UMRAH bisa berkontrubusi dalam kemaritiman.

 

 

 

“Sehingga pas mahasiswa UMRAH lulus , Fisp ,Ekonomi atau Perikanan, Teknik, semuanya ada nama maritime dibelakangnya. Sehingga kemampuan dari sisi pembangunan sumberdaya manusia akan meningkat” Ungkapnya.