Jeruk Mandarin Bisa Cegah Penyakit

Senin, 9 Februari 2015 12:49 WIB
385x ditampilkan Nasional

Menyambut Tahun Baru Imlek, banyak orang meyakini bahwa jeruk dapat membawa keberuntungan. Namun tak hanya itu, selain rasanya yang enak dan manis, jeruk juga terbukti memiliki khasiat luar biasa untuk kesehatan.


Salah satunya ialah jenis jeruk Mandarin. Bagi Anda penyuka buah jeruk ini, beruntunglah karena Anda dapat terhindar dari beragam penyakit hanya dengan makan jeruk atau meminum jus jeruk.

Seperti dikutip dari Health Today dan ditulis pada Senin (9/2/2015), jeruk Mandarin terbukti dapat menurunkan risiko kanker. Sebuah studi di Jepang mengungkapkan bahwa pasien yang meminum jus jeruk setiap hari menunjukkan tidak adanya tanda-tanda dari kanker liver.

Selain itu ada komponen lain di dalam jeruk Mandarin, yakni hesperidin dan tangeritin yang mampu menghambat pertumbuhan kanker payudara, prostat dan kanker darah. Hebatnya lagi jeruk Mandarin ini dikatakan dapat mengurangi risiko terhadap penyakit jantung.

Jeruk Mandarin juga sangat kaya akan antioksidan seperti naringenin, yang secara signifikan dapat menurunkan triglyceride dan tingkat kolesterol dalam darah. Beruntunglah bagi mereka yang rutin memakan jeruk atau minum jus jeruk karena ternyata kandungan-kandungan yang ada di dalam jeruk juga dapat membuat mereka terhindar dari penyakit tekanan darah tinggi bahkan stroke.

Disampaikan juga bahwa jeruk Mandarin ternyata mengandung vitamin C yang baik untuk kesehatan kulit. Lalu betakaroten yang terkandung di dalamnya terbukti ampuh melindungi dan memperbaiki fungsi mata.

Jika ingin terus hidup sehat dan terhindar dari ragam penyakit, ada baiknya Anda rutin mengonsumsi jeruk. Cobalah mengonsumsi jeruk tak hanya dalam rangka menyambut Tahun Baru Imlek, tapi setiap hari demi meningkatkan kualitas kesehatan hidup Anda.

(DTK/HLT)