Permen Mengatasi Candu Rokok

Senin, 9 Februari 2015 13:37 WIB
371x ditampilkan Nasional

EFEK yang muncul saat perokok mulai meninggalkan merokok memang sering tidak menyenangkan. Gejala tidak nyaman pada mulut, pusing, dan uring-uringan bisa saja terjadi saat kecanduan nikotin dari rokok dihentikan.


Lucky Ocktavian, penyanyi jebolan Indonesian Idol musim pertama, merasakan hal tersebut saat ia mencoba menghentikan kebiasaan merokok di 2006. Kondisi tidak mengenakkan sebagai efek dari kecanduan rokok yang dihentikan sempat ia alami selama beberapa bulan.

 

“Awalnya saya tantang diri saya seminggu. Selama proses seminggu itu memang berat. Saya memang bukan perokok berat, tetapi ada saja godaannya, seperti saat enggak ada kerjaan atau sehabis makan, terutama yang pedas-pedas,” katanya, di Kebon Sirih, Jakarta Pusat, belum lama ini.

 

Penyanyi jazz ini mengingat bagaimana ia uring-uringan saat meninggalkan kebiasaan merokok secara drastis. Untuk mengatasi ini, ia mendengarkan saran dari temannya untuk menghisap permen pereda tenggorokan setiap kali muncul keinginan ingin merokok.

 

“Alhamdulillah keinginan merokok yang sering tiba-tiba datang bisa reda karena obat pelega tenggorokan. Setelah coba makanan pedas atau kopi, obatnya ya permen itu. Uring-uringan juga sampai tiga bulanan. Susah memang meninggalkan rokok kalau sudah terjebak,” tuturnya.

(OKZ)