37 Sebaran Titik Panas Di Hutan Riau

Rabu, 11 Februari 2015 08:54 WIB
345x ditampilkan Nasional

Kebakaran hutan dan lahan kembali terjadi di Riau. Hari ini melalui satelit, terdeteksi ada 37 sebaran titik panas di sejumlah kabupaten.



Kepala BMKG Pekanbaru, Sugarin menyatakan, bahwa hari ini, Rabu (11/2/2015) di Sumatera terdeteksi 40 titik panas. Dari jumlah itu 37 titik panas berada di Riau.

Sebaran titik panas itu, lanjut Sugarin paling banyak di Kabupaten Bengkalis dengan jumlah 32 titik panas. Selanjutnya masing-masing di Pelalawan 4 dan Siak 1.

"Tingkat confiden dari yang terdeteksi mencapai 70 persen. Maka ada di Bengkalis ada 25 titik panas, Pelalawan 1 dan Siak 1. Ini tingkat kemungkinan terjadi kebaran lahan sangat kuat sekali," kata Sugarin.

Apa yang diperkirakan BMKG saat ini ada kebakaran hutan dan lahan tidak bisa dipungkiri. Polda Riau sendiri saat ini telah berjibaku memadamkan kawasan yang terbakar paling luas di Kabupaten Bengkalis.

"Tim kita siang malam bekerja maksimal dengan alat pompa air. Ini dibantu masyarakat dan sekelompok masyarakat peduli api. Begitupun kita sangat kesulitan untuk memadamkan kawasan yang terbakar," kata Kabid Humas Polda Riau, AKBP Guntur Aryo Tejo kepada detikcom.

Untuk Kabupaten Bengkalis, lanjut Guntur, pihaknya menerjunkan 65 personilnya. Tim Polri bekerjasama dengan masyarakat setempat. Saat ini ada 30 hektar kawasan yang terbakar.

"Tim baru bisa memadamkan sekitar 20 hektar saja selama tiga hari ini. Hingga pagi ini pun tim masih terus berupaya untuk memadamkan api," kata Guntur.


(DTK/FNC)