Pusat Al-Qur’an Luncurkan Program Islamic Environment

Rabu, 11 Februari 2015 14:18 WIB
480x ditampilkan Tanjungpinang

TANJUNGPINANG - Fase anak-anak menuju remaja adalah Fase yang sangat penting dalam pembentukan kepribadian seseorang. Pada Fase ini, anak sangat ingin menunjukkan eksistensinya dan sangat mudah terpengaruhi lingkungan. Pengaruh modernisasi sekarang ini umumnya banyak menyediakan lingkungan yang buruk untuk anak-anak. Geng motor, pergaulan bebas adalah lingkungan yang acapkali terdengar di dunia anak-anak atau remaja. Melihat, banyaknya lingkungan yang buruk ini, orang tua harus mengambil peran demi menjaga anaknya agar tidak salah mengikuti lingkungan. Anak adalah aset orang tua yang bisa menjadi amal jariyah jika ditinggalkan dengan kondisi yang taat.


 

Untuk menghindari anak salah mengambil lingkungan, Pusat Al-Qur’an Indonesia tawarkan program Islamic Environtment. Rully Oktoberianto, Ketua Pusat Al-Qur’an Indonesia mengatakan bahwa Program ini adalah salah program terbaru dari banyaknya program yang ada di Pusat Al-Qur’an Indonesia.

 

 

 

Anak ini intinya ingin eksis, ingin punya banyak teman, kalo anak ini tidak difasilitasi memilih teman dia akan cari teman sendiri. Sehingga kalo mereka disini, orang tua secara tidak langsung telah memfasilitasi anak mereka dengan lingkungan yang baik.

 

 

 

Islamic Environment adalah program yang ada di PAI. Sebenarnya ada banyak program, tapi ini satu satu program terbaru".

 

 

 

Rully menjelaskan bahwa Islamic Environment adalah program yang diluncurkan untuk menciptakan lingkungan yang positif bagi anak-anak. Dalam program ini, anak-anak tidak hanya sekedar mengaji, melainkan disediakan lingkungan untuk mengembangkan bakat dan minat yang mereka miliki.

 

 

 

“Jadi Islamic environment ini adalah program pembinaan dimana anak anak yang ikut serta disini mereka bukan hanya sekedar mengaji, tapi mereka juga mendapat lingkungan yang positif. jadi kalau anak anak itu tidak kita sediakan lingkungan maka mereka akan mencari lingkungan mereka sendiri, bisa saja mereka jatuh kelingkungan yang tidak baik, geng motor, pergaulan bebas, narkoba. “ Maka Islamic environment adalah program penciptaan lingkungan sehingga program ini tidak hanya digedung ini tapi juga bisa berjalan diluar lingkungan ini. Nah jadi nanti yang ikut serta dalam Islamic environtment ini mereka akan dikelompokkan sesuai minatnya, olahraga akan olahraga, public speaker gabung dengan yang suka public speaker, menulis dengan yang hobi menulis, sehingga mereka akan punya lingkungan positif, ini  untuk mencegah mereka mencari lingkungan yang tidak baik.” Jelasnya.

 

 

 

Islamic environment ini mengambil fokus kepada anak SMP dan SMA. Sementara untuk agenda pertemuannya dilaksanakan seminggu sekali. Dan nantinya setiap anak akan ditempatkan pada kelompok yang memiliki seorang pembimbing masing masing.

 

 

 

“Untuk Islamic environtmen focus untuk anak SMP-SMA, adapun pertemuannya untuk disini itu hanya sepekan sekali, sisanya adalah program diluar, sifatnya mengajak mereka untuk terus aktif dalam kegiatan yang positif. Nanti satu kelompok itu 10 org dibimbing 1 orang mentor.” Jelasnya.

 

 

 

Di Program Islamic  Environtmen focus ini juga ada kegiatan seperti outbond , mabit, menginap mabit Al-Quran, ada bedah buku , juga ada kegiatan social.