Anambas Gelar STQ

Rabu, 18 Februari 2015 13:02 WIB
833x ditampilkan Anambas

ANAMBAS - Seleksi Tilawatil Quran (STQ) tingkat kabupaten kepulauan Anambas akan digelar pada 19 Maret 2015 mendatang yang sebagai tuan rumah yakni Kecamatan Siantan.



Wakil Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris. SH mengatakan, pelaksanaan STQ ini rutin diadakan pada tiap tahunnya dan digelar secara bergantian di tiap-tiap kecamatan di kabupaten ini.

"Untuk tahun ini kita adakan di kecamatan Siantan, nanti akan diadakan di lapangan sulaiman abdullah dan masjid istiqomah," ungkap Abdul Haris kepada wartawan, Selasa di Tarempa. 

Berbeda dengan perayaan STQ sebelumnya yang digelar di Kecamatan Palmatak pada tahun lalu, STQ ini akan dimeriahkan oleh masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dengan mengkoordinir masanya dari berbagai kecamatan untuk memeriahkan iven tahunan tersebut.

"Kemarin kita juga telah siapkan bidang-bidangnya. Dan masing-masing SKPD nanti akan mengkoordinir masa di tiap-tiap kecamatan untuk memeriahkan STQ nanti," jelasnya.

Saat ini STQ tengah berlangsung di tiap-tiap kecamatan yang nantinya para pemenang dari seleksi tersebut akan menjadi perwakilan pada kecamatan tersebut untuk bertanding adu kebolehan ditingkat kabupaten dalam bidang tilawah, hifdzil, khattil atau kaligrafi, tafsir dan kompang. 

"Seleksi ini berbeda dengan MTQ, ini hanya mencari kandidat yang akan dipertandingkan dalam tingkat provinsi. Nantinya MTQ tingkat provinsi akan digelar di kabupaten Natuna," ucapnya.

Di samping itu, dia sangat mengharapkan partisipasi masyarakat lokal dalam acara itu , selain itu katanya,  pada pagelaran nanti akan disediakan juga stan-stan untuk para pedagang dan kelompok usaha yang akan memamerkan hasil usahanya.

"Karena kan acara ini adalah acara menyiarkan agama, jadi mari kita besama-sama memeriahkan acara ini," imbuhnya.

(ANT)