PAN Optimis Tetap Solid Setelah Kongres

Sabtu, 21 Februari 2015 06:08 WIB
357x ditampilkan Nasional

Kader Partai Amanat Nasinal (PAN) diminta pandai dalam menyikapi fenomena perpecahan internal partai politik. Menjelang pelaksanaan pencarian ketua umum PAN baru dalam ajang kongres pada 28 Februari-3 Maret di Bali.



"Dalam pandangan saya, PAN agak berbeda dengan PPP (Partai Persatuan Pembangunan) dan Partai Golkar. Kader PAN yang sebagian besar adalah Muhammadiyah memiliki pola pikir lebih rasional," ujar pengamat politik dari Skala Survei Indonesia (SSI) Abdul Hakim di Jakarta, Sabtu (21/2).


 
Dia menilai, sebagai partai yang lahir di awal era reformasi, kader PAN lebih rasional dalam melihat calon pemimpin yang punya leader bagus. Serta pemimpin yang hanya bermodalkan materi atau pengaruh dari orang-orang di sekitar.



Untuk itu, Abdul Hakim mengimbau kader-kader PAN dapat memilih sosok pemimpin yang sudah teruji, juga punya akar yang kuat di internal maupun pergaulan luas di luar partai.



Diketahui, dalam kongres PAN mendatang terdapat dua calon kuat ketua umum, yakni Hatta Rajasa dan Zulkifli Hasan. Hatta bakal mempertahankan jabatannya sebagai ketua umum, sementara Zulkifli saat ini menjabat ketua MPR RI. [RMOL/why]