Pilkada Bupati Bakal Dipercepat

Ahad, 22 Februari 2015 20:33 WIB
857x ditampilkan Karimun


 

Dalam revisi Undang-Undang tersebut, disebutkan kepala daerah yang masa jabatannya berakhir 2015 dan semester pertama 2016, dipastikan akan menggelar Pilkada serentak pada Desember 2015 ini. Artinya, pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Karimun akan berbarengan dengan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri, Walikota Batam, dan sejumlah Bupati lainnya seperti Bintan, Anambas dan Lingga. Seyogyanya masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Karimun yang saat ini dipegang oleh pasangan Nurdin Basirun dan Aunur Rafiq akan berakhir pada semester pertama 2016.

 

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karimun Ahmad Sulton menyatakan berdasarkan revisi Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015, persentase perolehan suara terbanyak hanya nol (0) persen. "Yang jelas Desember 2015, tapi tanggal pastinya kami belum tau. Pilbup juga tuntas satu putaran karena presentase suara hanya nol persen. Pasangan calon dengan suara terbanyak merekalah yang menang." ujarnya.

 

Pilbup Karimun pada Desember 2015 itu juga tetap mengakomodir pencalonan pasangan dari jalur non partai atau independen. Dengan syaratnya mereka harus didukung minimal 10 persen dari jumlah calon pemilih dan tersebar lebih dari 50 persen daerah pemilihan. Jika hanya salah satunya yang dapat dipenuhi, bisa dipastikan pasangan calon yang maju dari jalur independen gagal untuk ikut bertarung memperebutkan kursi Karimun 1 dan 2.

 

Kendati Desember 2015 sudah dinyatakan sebagai waktu pencoblosan, namun Sulton menyatakan belum mengetahui kapan tahapan Pilbup akan dimulai. "Hal ini masih digodok DPR RI. Kami sudah memulai sejumlah persiapan, salah satunya mulai berkoordinasi dengan Pemkab Karimun dalam hal ini Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil terkait Data Penduduk Pemilih Potensial Pemilu atau DP4." tandas Sulton.