Stok Banyak, Harga Beras Malah Mahal

Kamis, 26 Februari 2015 06:17 WIB
528x ditampilkan Bisnis

Harga beras kembali naik di sejumlah daerah di Indonesia. Di salah satu pasar di Jakarta, Pasar Kramat Jati, kenaikan harga beras mencapai 20-30 persen.


Pedagang pasar Kramat Jati mengaku tidak tahu alasan harga bahan pokok ini mendadak naik. Menurut mereka, dari segi pasokan beras masih sangat banyak.


"Pasokannya banyak, tapi saya juga heran kenapa naik. Tanya Bulognya saja coba," kata salah seorang pedagang beras eceran  Rudi, di Jakarta, Rabu (25/2/2015).


Rudi menyebut, beras dari Bulog juga sudah mahal, seperti menyebabkan beras ras seperti beras jenis Thailand, naik dari Rp9.000 per kilogram menjadi Rp10.200 per kilogram.


Senada dengan Rudi, pedagang pasar lainnya, Joni, mengaku heran mengapa harga beras naik cukup tinggi. "Kalau ditanya, jawabnya cuma belum panen saja," kata dia.


Selain itu, dia mengatakan bukan tidak mungkin harga beras ini naik karena ulah mafia. "Mafianya ya di sana pasar induk. Kita pedagang kecil-kecil gini gimana mau jadi mafia. Gudang saja kecil," ungkapnya.(Okz)