Maling Curi 2000 Kotak Suara KPU Rohul

Rabu, 4 Maret 2015 06:28 WIB
401x ditampilkan Nasional

Sekitar 2.000 logistik berupa kotak suara disimpan di gudang milik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) di Komplek Perkantoran Pemkab Rohul dilaporkan hilang dicuri maling.


Ribuan kotak suara berbahan dasar aluminium berisi kertas surat suara hasil Pemilu Legislatif 2014 yang telah dicoblos tersebut diketahui raib dari gudang KPU, yang tidak dijaga selama ini.



Gudang KPU tepat di depan Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Rohul terlihat dirusak oleh orang tak dikenal (OTK). Diperkirakan, untuk menggasak aset milik KPU, maling masuk melalui pintu belakang gudang.


Kasubag Umum dan Logistik Sekretariat KPU Rohul Fauziah Marjuki mengakui ribuan kotak suara milik baru diketahui hilang oleh seorang staf KPU Rohul pada hari ini, Selasa (3/3/15) pagi. Kasus pencurian ribuan kotak suara telah dilaporkan ke Polsek Rambah, Selasa siang tadi.


Staf memeriksa gudang logistik untuk memastikan informasi dari masyarakat, bahwa ada potongan aluminium yang telah digunting di salahsatu jual beli barang rongsokan di Kecamatan Ujungbatu.


Saat diperiksa, pintu depan masih baik. Namun di bagian pintu belakang, staf KPU itu melihat ada lima pria tidak dikenal sedang beristirahat. Kelimanya lari ke belakang gudang menuju kebun karet.


"Kita menduga, lima orang itu yang mencuri kotak bilik suara berbahan dasar aluminum di gudang KPU Rokan Hulu," kata Fauziah kepada wartawan.


Selain pintu belakang gudang sudah dirusak, di dalam gudang bagian belakang, ditemukan 4 karung besar berisi lipatan kotak suara yang siap dibawa.


Fauziah mengungkapkan usai Pemilu Legislatif 2014 lalu, sebagian kotak suara dan bilik suara disimpan di gudang KPU Rohul. Dan sebagian lagi disimpan di Kantor KPU Rohul, karena gudang sudah penuh.



Pada Pemilu Legislatif 2014, kotak suara aluminium ada sekitar 5.000 kota. Diperkirakan, sekitar 2.000 kotak sudah dicuri.



"Kami masih mendata stok opname (kotak suara) di gudang KPU," terangnya.


Pasca kejadian itu, tambah Fauziah, KPU Rohul menempatkan Satuan Pengaman untuk menjaga gudang KPU Rohul di Perkantoran Pemkab Rohul.***(zal)


*Riauterkini.com