Koperasi Perlu Jamin Distribusi Pupuk Bersubsidi

Senin, 9 Maret 2015 07:02 WIB
242x ditampilkan Nasional

Menteri Perdagangan Rachmat Gobel mengharapkan koperasi yang telah ditunjuk sebagai penyalur pupuk bersubsidi, mampu memberikan jaminan, keamanan, dan distribusi pupuk yang tepat sasaran.



"Koperasi itu sudah lama, dan mempunyai jaringan yang luas, saya ingin mengembalikan peran koperasi untuk membangun perekonomian kita, mulai dari jaminan dan kemanan distribusi untuk pupuk bersubsidi," kata Rachmat, seusai menghadiri Peluncuran Pengangkatan Koperasi Menjadi Distributor Pupuk Bersubsidi, di Dampit, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu.


Rachmat mengatakan, untuk memulai langkah tersebut, pihaknya tengah mendorong peran Koperasi Unit Desa (KUD) yang ada di seluruh Indonesia, namun, tentunya harus dimulai dari beberapa wilayah yang sudah memiliki kesiapan terlebih dahulu.



Untuk menyelesaikan tata kelola pupuk bersubsidi, Rachmat menyatakan bahwa saat ini diperlukan suatu terobosan baru untuk menjamin pendistribusian pupuk tepat waktu agar tidak ada kelangkaan.


"Kita memerlukan suatu terobosan baru agar tidak ada lagi namanya pupuk terlambat atau kelangkaan pupuk. Apalagi pupuk bersubsidi menjadi barang dalam pengawasan . Kita akan perbaiki ini bersama Kementerian Pertanian, Keuangan, dan BUMN," kata Rachmat.



Pada tingkat lapangan, Rachmat mengingatkan agar pupuk bersubdisi dapat disalurkan kepada petani yang berhak dengan sebaik-baiknya dan tepat sasaran. (ANT)