BPP Listrik Indonesia Termahal Didunia

Senin, 16 Maret 2015 10:47 WIB
437x ditampilkan Nasional

Biaya Pokok Produksi (BPP) listrik di Indonesia dinilai termahal di dunia. Hal tersebut lantaran banyak pembangkit listrik di Indonesia menggunakan Bahan Bakar Minyak (BBM).

 

"BPP di Indonesia itu Rp 1.300 per KWh, paling tinggi di dunia," ujar Anggota Komisi VII DPR-RI Ramson Siagian saat diskusi mingguan dihelat, Radio Republik Indonesia, Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI), dan Institut Komunikasi Nasional (IKN) bertajuk "Energi Kita: Di balik kenaikan tarif listrik", Jakarta, Minggu (15/3).


Atas dasar itu, Ramson berharap proyek pembangkit listrik 35 ribu megawatt dapat mengurangi ketergantungan Indonesia pada BBM. Pemerintah menargetkan megaproyek itu tuntas dalam lima tahun mendatang.


"Program tersebut harus menggunakan energi batubara sebagai mayoritas," tegasnya.


Sayang, menurut Ramson, pemerintah belum memiliki strategi menjaga pasokan batu bara di masa mendatang.


"Belum ada strategi pemerintah menjaga ketersediaan batu bara untuk pembangkit listrik baik milik PLN maupun swasta IPP." Jelas Ramson.


Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Jarman mengatakan, saat ini pemerintah sudah memiliki acuan penggunaan energi dalam jangka panjang. Itu termuat dalam kebijakan energi nasional diprakarsai oleh Dewan Energi Nasional (DEN).


"Dalam kebijakan itu sudah dibuat langkah mengamankan kebutuhan energi ke depan, termasuk persentase energi baru terbarukan," pungkas dia.

(MDK)