BMKG Minta Nelayan Lingga Waspada

Jumat, 20 Maret 2015 17:44 WIB
406x ditampilkan Lingga

LINGGA - Memiliki daerah yang berbukit dan juga terdiri dari pegunungan-pegunungan yang sulit diprediksi musimnya. Kabupaten Lingga akhir-akhir ini kondisi cuacanya lebih banyak berawan dan cenderung terjadi hujan ringan.

 


Hal ini diinformasikan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Stasiun Meteorologi Dabo Singkep menghimbau kepada nelayan maupun aktivitas lainnya yang berada dilaut untuk lebih berhati-hati lagi saat melaut. Sebab, saat ini Lingga memasuki musim hujan yang juga berpotensi angin kencang dan gelombang tinggi.


”Arus laut juga cukup kuat,” kata prakirawan BMKG Dabo Singkep, Octo Mario, Kamis (19/3).


 

Kata Mario, arus di perairan Lingga saat ini cenderung bergerak ke arah utara dengan kecepatan mencapai 15 cm per detik.


 

Hal ini juga terjadi di perairan Lingga Utara dan Senayang dengan kecepatan angin 5 sampai 30 kilometer per jam.


 

”Bagi nelayan dan nakhoda transportasi laut dihimbau untuk lebih berhati-hati karena gelombang bisa tinggi mencapai 1,5 meter,” kata Mario.


 

Untuk wilayah Singkep dan Lingga Utara, hujan ringan berpotensi mengguyur daerah tersebut dengan kondisi berawan di pagi hari.


 

Sementara di wilayah Kecamatan Lingga, Singkep Barat, dan Senayang cenderungberawan.


Meski berpotensi menimbulkan angin kencang, Mario menegaskan saat ini kondisi cuaca di Lingga secara umum masih normal. Sehingga kondisi ini masih aman untuk aktivitas penerbangan.