Bawaslu Diminta Waspadai Dualisme Parpol

Sabtu, 21 Maret 2015 13:16 WIB
341x ditampilkan Nasional

Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) mengingatkan Badan Pengaws Pemilu (Bawaslu) agar mewaspadai pengajuan sengketa pilkada yang berasal dari partai yang memiliki kepengurusan ganda.



Direktur Eksekutif Perludem Titi Anggraeni mengungkapkan, hal yang harus diwaspadai bukanlah dua partai yang sedang berseteru saat ini, yaitu Partai Golongan Karyan (Golkar) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP), melainkan partai-partai lain yang memiliki masalah lebih spesifik.



"Bawaslu harus waspadai kepengurusan ganda yang melanda partai politik. Jika Golkar dan PPP sudah jelas dari atas sampai bawah ganda, ada partai lain yang lebih spesifik memiliki kepengurusan ganda hanya di Dewan Pimpinan Daerah tingkat satu atau dua," ujar Titi saat ditemui di kantor Bawaslu, Jumat (20/3).



Titi menjelaskan, pada pilkada beberapa periode lalu pernah terjadi sengketa yang diajukan oleh partai yang memiliki kepengurusan ganda. Akibatnya panjang karena Bawaslu terkena kasus etika lantaran satu partai dilarang untuk mengajukan dua nama calon sekaligus. (CNNIndonesia)