Indosat Gelar Kompetisi Catur Online

Senin, 23 Maret 2015 12:56 WIB
556x ditampilkan Olah Raga

Apabila menyebut kompetisi catur, tentunya pemandangan ruangan besar berisi para pemain catur berekspresi serius yang saling berhadapan dipisahkan sebuah papan catur langsung terbayang. Tetapi beranjak ke era digital, kompetisi catur ternyata bisa dibuat tidak sekonvensional itu. Kini kompetisi catur bisa digelar secara online menggunakan aplikasi pada smartphone.


Ya, ide cemerlang menyelenggarakan kompetisi catur secara online ini diwujudkan oleh perusahaan telekomunikasi Indosat ke dalam sebuah gelaran, Indosat Grand Master Chess Match. Kompetisi catur ini akan mempertemukan Media Warda Aulia, Woman Grand Master asal Indonesia dengan 650 pecatur muda dari seluruh pelosok Nusantara.

Jumlah pesertanya cukup banyak dan cakupan wilayahnya pun begitu luas. Pantas saja jika Indosat Grand Master Chess Match menjadi kompetisi catur online terbesar di Indonesia dan di dunia. Kompetisi yang akan dimulai 28 Maret 2015 mendatang ini bahkan sudah terdaftar dalam Rekor Muri dan Guiness World Record.

“Kami ingin mendorong generasi muda Indonesia terutama pelajar untuk mencintai catur dan belajar strategi melalui permainan catur. Melalui platform online tentunya generasi yang lebih muda dapat lebih mudah mengaksesnya. Diharapkan mereka dapat memperoleh pengalaman baru dalam pemanfaatan teknologi dan aplikasi terkini untuk sesuatu yang menyenangkan,” ujar CEO Indosat, Alexander Rusli.

Indosat Grand Master Chess Match akan digelar melalui aplikasi berbasis smartphone yaitu “Jago Catur”. Setiap peserta akan bertemu dan dipertandingkan di dunia maya. Indosat berharap kompetisi ini juga dapat mendorong migrasi dari feature phone ke smartphone sehingga pengalaman terbaik mengakses berbagai informasi di era digital dapat diperoleh.

Kompetisi catur ini memilih Grand Master Medina Warda Aulia karena ia merupakan salah satu icon pemuda berprestasi di Indonesia. Ia meraih gelar Grand Master-nya di usia 14 tahun. Dengan segudang prestasi di berbegai kompetisi catur internasional, ia turut mengharumkan nama Indonesia hingga ke mancanegara. Medina nantinya akan membuktikan kehebatannya menghadapi 650 pecatur sekaligus.

“Senang sekali bisa berpartisipasi dalam kompetisi ini. Ini pengalaman baru juga untuk saya bertanding catur secara online menghadapi 650 pecatur. Menurut saya catur sendiri adalah olahraga yang positif untuk mengembangkan diri. Saya harap semakin banyak lagi generasi muda yang punya hobi di bidang olahraga ini,” ujar Medina dengan sumringah.

Pertandingan pertama kompetisi catur online Indosat Grand Master Chess Match akan mulai digelar pada 28 Maret 2015 mendatang. Pelanggan Indosat prabayar dan pascabayar di seluruh Indonesia dapat berpartisipasi dalam kompetisi ini. Cukup unduh aplikasi “Jago Catur” di Google Play Store™ dan lakukan registrasi. Pastikan Anda sudah menggunakan OS Android KitKat 4.0 sebelum mengunduh aplikasi ini.

Masukkan nama, nomor telepon dan nomor identitas dalam formulir registrasi yang tersedia. Proses pendaftaran akan dikenakan biaya Rp 12.000,-. Setelah selesai, klik pilihan “Medina Vs 650 Pecatur”. Namun sebelumnya perlu diingat bahwa peserta yang ikut dalam pertandingan ini tidak boleh bergelar Grand Master atau Master dan maksimal berusia 22 tahun.

Jika sudah terdaftar sebagai peserta, pelanggan Indosat dapat langsung mengikuti tahap pertandingan onlinepertama pada tanggal 28 Maret 2015 pukul 09.00 WIB. Sepuluh peserta terbaik yang lolos akan diundang ke Jakarta untuk mengikuti tahap Grand Final. Mereka akan dipertemukan dan bertanding secara offline pada tanggal 30 Maret 2015. Indosat telah menyiapkan hadiah senilai ratusan juta rupiah dan Grand Prize berupa satu unit mobil Toyota Agya bagi pemenang kompetisi ini.

Penasaran dan tidak sabar ingin membuktikan kehebatan Anda di bidang olahraga ini? Kunjungi www.indosat.com/jagocatur untuk informasi lebih lanjut.