IAIN Jember Wajibkan Mahasiswa Tes Narkoba

Rabu, 25 Maret 2015 05:54 WIB
405x ditampilkan Pendidikan

Institut Agama Islam Negeri Jember, Jawa Timur, mewajibkan calon mahasiswa baru tahun ajaran 2015/2016 untuk melampirkan hasil tes narkoba sebelum dinyatakan diterima sebagai mahasiswa IAIN setempat.


"Para mahasiswa harus menjalani tes urine dan wajib lolos tes narkoba karena hal tersebut sebagai bentuk komitmen kampus IAIN Jember memerangi peredaran narkoba," kata Rektor IAIN Jember Babun Suharto, Selasa, di Kabupaten Jember.



Menurut dia, kebijakan seluruh mahasiswa baru tahun ajaran 2015/2016 mengikuti tes urine untuk memastikan yang bersangkutan bebas dari narkoba karena selama ini mahasiswa menjadi salah satu sasaran peredaran barang haram tersebut.


"Kebijakan itu baru diterapkan tahun ini dan hal tersebut sebagai benteng untuk mencegah peredaran narkoba di dalam kampus," tuturnya.



Apabila hasil tes urine menyebutkan calon mahasiswa baru tersebut mengonsumsi narkotika, maka secara otomatis pihak IAIN Jember akan melakukan diskualifikasi terhadap calon mahasiswa yang bersangkutan.



"Mereka akan didiskualifikasi, meskipun secara administrasi dan hasil ujian masuk kampus telah dinyatakan lulus sebagai calon mahasiswa IAIN Jember," paparnya.