Komitmen Puan Maharani Pertahankan Jabatan di PDI P Dipertanyakan

Rabu, 1 April 2015 11:58 WIB
424x ditampilkan Nasional

Menteri Kordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Puan Maharani kemungkinan akan disiapkan untuk menjadi wakil ketua umum PDI Perjuangan.


Jika wacana tersebut benar, mungkinkah putri dari Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri itu akan melepas jabatan eksekutifnya di Kabinet Kerja besutan Presiden Joko Widodo dan Jusuf Kalla tersebut?



Sekertaris di DPP PDI Perjuangan, Arif Wibowo mengatakan, meskipun Presiden Jokowi melarang pembantunya di kabinet merangkap sebagai pengurus partai, namun semestinya hal tersebut bukan berarti harus dituruti. Sebab, kata dia, pengurus partai yang menjabat sebagai eksekutif tak punya risiko menghambat kinerja.


"Tradisi perpolitikan kita dari dulu seperti itu (eksekutif adalah pengurus partai)," kata dia, saat ditemui di gedung MPR/DPR RI, Jakarta, Selasa (31/3). Menurut Wakil Ketua di Komisi II DPR ini, orang yang mengatakan pengurus partai tidak boleh merangkap jabatan eksekutif, ataupun legislatif merupakan pribadi yang tak paham tentang partai politik.



Ungkapan Arif sebenarnya berawal dari spekulasi politik yang mengatakan, Kongres ke IV PDI Perjuangan pekan depan akan menampilkan dinamika pemilihan baru. Yaitu, dengan akan memasukkan posisi wakil ketua umum dalam struktur kepengur-usan partai tersebut.



Dalam sejarah berdirinya, PDI Perjuangan memang tak pernah mempunyai wakil ketua umum. Namun, Ketua DPP PDI Perjuangan bidang Hukum, Trimedya Panjaitan, Senin (30/3), pernah menyampaikan, kebutuhan partainya akan sosok wakil ketua umum bisa saja terjadi.



Akan tetapi, pemenuhan kebutuhan tersebut tetap harus disampaikan oleh pemilik hak suara dalam kongres mendatang. Pun struktur kepengurusan partai mendatang pastinya tetap akan memberikan kursi kosong, namun strategis untuk Puan. "Sebagai kader partai terbaik, tentunya mbak Puan harus dapat tempat yang cukup baik juga di partai," kata dia.


Pernyataan Trimedya diamini oleh Ketua DPP PDI Perjuangan bidang Sumber Daya dan Enerji, Effendi Simbolon. Bahkan, anggota Komisi VII DPR itu siap mengangkat Puan jadi Ketua Umum. "Jangankan wakil ketua, jadi ketua umum pun mbak Puan itu sudah layak."