PKSN Dipusatkan di Batam

Rabu, 1 April 2015 22:57 WIB
716x ditampilkan Batam

BATAM - Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau ditetapkan sebagai Pusat Kegiatan Strategis Nasional (PKSN), karena lokasinya yang berbatasan dengan beberapa negara sehingga mendapatkan prioritas pembangunan.



"Dalam Rencana Tata Ruang Wilayah, pemerintah pusat menetapkan Batam sebagai PKSN, ini artinya pembangunan di Batam menjadi prioritas," kata Kepala Bagian Humas Pemerintah Kota Batam Ardiwinata di Batam, Rabu.



Menurut Ardi, penetapan PKSN dorong dari dua sisi, yaitu strategis pertahanan keamanan dan strategis ekonomi.



Batam yang berbatasan dengan Singapura dan Malaysia memiliki empat pulau terluar yang membutuhkan perhatian lebih dari sisi Hankam.



Sedangkan pelaksanaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas (KPBPB) Batam dan fakta pertumbuhan ekonomi Batam yang di atas rata-rata nasional membuat pemerintah pusat merasa harus memprioritaskan pembangunan di kota industri itu.


"Jadi ada dua pendorongnya, yaitu dari sisi Strategis Hankam karena lokasinya di perbatasan dengan beberapa pulau terluar, dan dari sisi Strategis Ekonomi," kata dia.



Batam mendapatkan prioritas pembangunan infrastruktur di bidang perkeretaapian, perhubungan darat, perhubungan laut, jalan, telekomunikasi dan informatika, sumber data air, sanitasi, pendidikan dan kesehatan.


Di bidang perkeretaapian, pemerintah berencana membangun jaringan kereta api dari Bandara Internasional Hang Nadim ke Pelabuhan Kargo Batuampar.



Dan di bidang perhubungan darat, Kementerian Perhubungan terus menambah bantuan bus untuk transportasi publik, hingga total 75 unit bus hingga 2020. (ANT)