Gedung BTPN Habis Dilalap Si Jago Merah

Jumat, 10 April 2015 06:47 WIB
1097x ditampilkan Nasional

Gedung Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) cabang Purwokerto yang berlokasi di Jalan Bank, Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, ludes terbakar.


Informasi yang dihimpun Antara di Purwokerto, Jumat dini hari, kebakaran yang melanda gedung dua lantai itu terjadi sejak Kamis (9/4) sekitar pukul 23.00 WIB.


Sejumlah anggota Satuan Pengamanan (Satpam) BTPN yang sedang berdinas malam tidak bisa berbuat banyak untuk memadamkan api karena seluruh pintu gedung dalam keadaan terkunci.


"Kami baru tahu ada kebakaran ketika api dari bagian belakang kantor sudah membesar. Karena seluruh pintu terkunci, kami segera menghubungi petugas pemadam kebakaran," kata Bambang, anggota Satpam BTPN setempat.

Sebanyak empat unit mobil pemadam kebakaran dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyumas dikerahkan untuk memadamkan kebakaran gedung tersebut.

Karena seluruh pintu terkunci, petugas hanya bisa memadamkan kebakaran itu dari luar gedung.

Petugas pemadam kebakaran tidak bisa berbuat banyak karena kobaran api dengan cepat merambat ke bagian atap gedung.

Peristiwa kebakaran gedung BTPN yang berdekatan dengan permukiman penduduk itu pun membuat gempar warga yang sudah terlelap tidur.

Warga pun segera berlarian meninggalkan rumah mereka karena kobaran api terus membesar akibat banyaknya bahan yang terbakar di dalam gedung BTPN itu.

"Dari dalam gedung sempat terdengar suara dentuman hingga beberapa kali," kata Imam, warga setempat.

Hingga berita ini diturunkan (pukul 03.00 WIB), petugas masih berupaya memadamkan sisa-sisa kebakaran yang membakar gedung BTPN Cabang Purwokerto.

Sementara itu, petugas dari Kepolisian Resor Banyumas masih menyelidiki penyebab kebakaran yang melanda gedung BTPN itu.

Kendati tidak ada korban jiwa, kerugian akibat kebakaran itu diperkirakan mencapai miliaran rupiah.(ant)