Kemensos Targetkan 100 Desa Untuk Dilakukan Pemberdayaan

Sabtu, 11 April 2015 06:39 WIB
317x ditampilkan Nasional

Salah satu prioritas pembangunan nasional mewujudkan nawacita ketiga Kabinet Kerja, adalah membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam lingkup NKRI.


Atas dasar itu, Kementerian Sosial (Kemensos) dalam Rapat Koordinasi (Rakor) tingkat menteri di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Selasa lalu (7/4), berkomitmen pada pemberdayaan desa sebagai upaya menyejahterakan warga di perdesaan melalui berbagai program, seperti Kelompok Usaha Bersama (KUBE) dan Usaha Ekonomi Produktif (UEP). 



Begitu kata Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa dalam kunjungan kerja di Kecamatan Kediri, Tabanan, Bali, sebagaimana keterangan tertulis yang diterima redaksi (Jumat, 10/4). 



"Dalam pemberdayan pedesaan, Kemensos memiliki komitmen yang sama dengan kementerian lainnya, seperti Kementerian PU, Kementerian KKP, Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi," tandasnya. 



Sejak awal, lanjutnya, Kemensos menyiapkan 50 desa mandiri sebagai pilot project. Namun melihat target 2 ribu desa mandiri yang ditetapkan, maka kebijakan diubah dengan menambah menjadi 100 desa mandiri.   



"Kemensos akan melakukan pemberdayaan 100 desa mandiri dari 2 ribu desa yang ditargetkan. Tentu saja, disinergikan dengan berbagai program yang selama ini telah berjalan dengan baik dan komandonya dari Menko PMK," ujarnya. [RMOL/ian]