DAK Dipangkas, Pemkab Lingga Optimalkan Anggaran yang Ada

Selasa, 5 Mei 2015 14:26 WIB
489x ditampilkan Lingga

LINGGA - Meskipun terjadi permasalahan pada realisasi anggaran tahun 2014 lalu akibat tidak cairnya dana alokasi khusus (DAK) dari pusat, sehingga menyebabkan kondisi keuangan defisit. Pemerintah Kabupaten Lingga tetap memaksimalkan anggaran yang ada untuk menjalankan sebagian besar program kegiatan yang telah disusun.

 


Hal tersebut disampaikan Bupati Lingga diruang aula kantor DPRD Lingga, Senin (04/5) dalam rapat paripurna bersama jajaran legislatif dengan agenda penyampaian laporan pertanggung jawaban (LKPJ) tahun 2014.


Diungkapkan Daria, bahwa dari APBD yang berhasil direalisasi, telah digunakan untuk menjalankan program kerja pemerintah daerah terutama pengentasan kemiskinan.


Semantara itu, beberapa fraksi di tubuh DPRD kabupaten Lingga turut memberikan tanggapan didalam rapat paripuna LKPJ tahun 2014 tersebut. Seperti pandangan Fraksi Hati Nurani Rakyat (Hanura) yang diwakili oleh Sui Hiok menyampaikan apresiasi terhadap kinerja pemkab tahun lalu.


Sui Hiok mengatakan, meski pemerintah Kabupaten Lingga kehilangan sebagian besar DAK akibat defisit yang berawal dari pemerintah pusat, namun untuk pengentasan kemiskinan, pemkab telah memberikan perhatian yang cukup baik. Kepedulian tersebut membuat angka kemiskinan di Kabupaten Lingga terbilang menurun.