8 Mei: Sir Alex Mengumumkan Dirinya Pensiun Menukangi Setan Merah

Jumat, 8 Mei 2015 06:25 WIB
363x ditampilkan Olah Raga

Setelah 26,5 tahun menangani Manchester United, Sir Alex Ferguson akhirnya mengumumkan bakal pensiun pada akhir musim 2012/13.


Rumor pensiun Ferguson sejatinya sudah terendus sejumlah media massa Inggris sehari sebelumnya ketika sebagian pemain United dan staf kepelatihan bermain golf di kawasan Dunham Massey. 

Skuat Setan Merah telah diwanti-wanti untuk mendengar keputusan tentang masa depan sang bos dalam waktu dekat dan keputusan itu rupanya jadi kenyataan tepat pada hari ini dua tahun lalu.

"Keputusan pensiun merupakan salah satu yang sudah saya pikirkan masak-masak. Ini sudah waktunya," ujar Ferguson waktu itu.

"Kualitas yang dimiliki skuat juara liga ini, keseimbangan usia di dalamnya, berpadu padan untuk melanjutkan sukses tertinggi sementara struktur pengembangan usia dini akan menjamin masa depan tim tetap cerah.

"Fasilitas latihan kami termasuk salah satu yang terbaik di dunia dan kandang kami, Old Trafford, merupakan salah satu venue terdepan di dunia."

Meski telah mundur dari kursinya sebagai manajer United dan menikmati hari tuanya, bapak tiga anak itu tetap akan berada di klubnya dengan menjabat jabatan direktur dan juga duta besar.

"Ke depan, saya akan mengemban jabatan direktur dan duta besar klub. Dengan aktivitas ini, bersama dengan kepentingan lain, siap saya jalankan sebagai masa depan.

"Harus saya sampaikan terima kasih kepada keluarga saya, cinta dan dukungan mereka begitu esensial. Istri saya, Cathy, merupakan figur penting sepajang karier saya."

Sejak bertugas mulai 6 November 1986, Ferguson mengoleksi total 38 trofi, di antaranya empat trofi Piala Liga Inggris, lima trofi Piala FA, dua trofi Liga Champions, serta 13 gelar Liga Primer. 

Gelar juara Liga Primer yang dipersembahkan di saat pensiunnya menjadi gelar terakhirnya sekaligus menggenapkan koleksi gelar liga United menjadi 20. 

Laga terakhir Ferguson bersama United adalah melawan West Ham United sekaligus menjadi yang ke-1500 sepanjang kiprahnya di Old Trafford.(goal)