Megawati Dipastikan Tidak Hadiri Kongres Partai Demokrat

Diterbitkan oleh Dachroni pada Selasa, 12 Mei 2015 11:32 WIB dengan kategori Nasional dan sudah 738 kali ditampilkan

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto memastikan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri tidak hadir dalam acara pembukaan Kongres ke-IV Partai Demokrat pada Selasa (11/5).



"Dalam kesempatan ini, saya menyampaikan bahwa Ibu Megawati Soekarnoputri tidak dapat menghadiri Kongres tersebut. Ketidakhadiran beliau mengingat agenda kepartaian yang padat setelah Kongres IV Bali," kata Hasto Kristiyanto dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa.


Dia menjelaskan Megawati menugaskan salah satu pengurus DPP PDIP yang membawa surat tugas khusus, langsung ditandatangani Ketua Umum untuk hadir di Pembukaan Kongres Partai Demokrat.



Menurut Hasto dengan adanya utusan khusus dari Ketua Umum DPP PDIP itu dan untuk pertama kalinya PDIP hadir dalam Pembukaan Kongres IV Partai Demokrat.


"Kehadiran utusan khusus PDIP dalam acara pembukaan Kongres Partai Demokrat menjadi modal penting dalam konsolidasi politik pemerintahan ke depan," ujarnya.



Dia mengatakan ketidakhadiran Megawati dalam pembukaan Kongres ke-IV Demokrat itu sudah disampaikan dari awal, ketika Megawati menerima kunjungan dari petinggi Partai Demokrat.


Namun Hasto menilai bahwa pertemuan antara Syarif Hasan, Eddy Baskoro, dan Agus Hermanto yang secara langsung menyampaikan undangan pembukaan kongres menunjukkan bahwa komunikasi politik antara kedua partai berjalan baik.



"Bahkan kerjasama politik telah berjalan baik di DPR dan MPR RI. Kedua partai menunjukkan sikap saling menghormati terhadap sikap politik dan kedaulatan politik masing-masing partai," katanya.