PT KAI Lakukan Perbaikan Rel Jelang Arus Mudik 2015

Kamis, 28 Mei 2015 05:38 WIB
563x ditampilkan Nasional

Guna melancarkan arus mudik Lebaran tahun 2015 yang menggunakan jasa kereta api di Kota Tasikmalaya, petugas PT KAI mengintensifkan perbaikan rel. Perbaikan rel difokuskan pada bagian bantalan dan rel kereta api yang dinilai mulai amblas dan bergeser.


Selain itu petugas juga memeriksa lebar rel agar tidak melebihi atau kurang dari standar. Perbaikan di jalur ini sudah dilakukan sejak dua hari lalu agar saat arus mudik, selesai.



Seperti yang dilakukan di Kawasan Lengkong Pancasila Kota Tasikmalaya. Di kawasan ini beberapa titik terdapat bantalan keropos. Jika dibiarkan bantalan tersebut bisa mengakibatkan kereta api anjlok.



Menurut Kepala satuan kerja 312 PT KAI Tasikmalaya, Kardiman, perbaikan dilakukan untuk kenyamanan arus mudik dan arus balik, meliputi perbaikan wesel dan penggantian bantalan rel. Beberapa wesel bantalan rel diganti dengan rel bekas layak pakai.



"Sekitar sembilan puluh persen bantalan rel di wilayah kerja Tasikmalaya, masih menggunakan bantalan rel yang lama. Jika hal ini dibiarkan bisa berdampak pada kecelakaan kereta api," kata Kardiman, kemarin siang, disela sela pekerjaannya.



Selain mengganti bantalan rel yang keropos dan besi rel yang berkarat, petugas juga mengganti ratusan mur baut yang rusak dan berkarat dimakan usia. [rmol/zul]