Lembaga Sosial Australia Akan Salurkan Bantuan Untuk Imigran Rohingya

Ahad, 31 Mei 2015 08:18 WIB
603x ditampilkan Liputan Khusus

Aussi Relief, sebuah lembaga sosial dari Australia menyatakan akan menyalurkan bantuan kemanusian dalam jumlah besar kepada seluruh imigran Rohingya yang berada di Aceh. Bantuan itu akan diberikan dalam waktu dekat. Sementara sumber dana berasal dari sumbangan masyarakat muslim Negeri Kangguru tersebut.


"Ini kunjungan pertama ke Aceh Utara. Tahap awal kami akan melakukan pendataan kebutuhan para pengungsi, selanjutnya kami akan datang kembali dengan bantuan yang lebih besar," ungkap Thomas Taufik, pekerja Aussi Relief dalam jumpat pers di Masjid Baiturrahman, Lhokseumawe, kemarin.


 
Bersama rekan timnya Fuad Barhum dan pengurus Aussi Relief Indonesia, Thomas menjelaskan, kedatangan mereka ke Aceh Utara tidak semata-mata memberikan bantuan, tetapi juga membawa misi kemanusian yang lebih besar yakni untuk meyakinkan pemerintah Australia untuk menerima Imigran Rohingya yang ingin mencari suaka ke sana.


 
"Kami akan merekam kondisi pengungsi dan bahan itu akan kami sampaikan ke pemerintah Australia melalui perlemen, bahwasanya Aceh saja menerima pengungsi kenapa Australia yang begitu besar dan negara besar masih menolak imigran Rohingya," sebut Fuad Barhum dengan bahasa Indonesia yang kurang fasih, sebagaimana dilansir JPNN.


 

Setelah menginap semalam di Lhokseumawe, tim yang berjumlah 10 orang tersebut berangkat ke lokasi pengungsi di Kuala Cangkoi, Kecamatan Lapang Aceh Utara pada Sabtu (30/5) sekitar pukul 5.30 WIB.  



Di sana Thomas dan Fuad menyerahkan bantuan berupa, pakaian dalam wanita dan pria, perangkat mandi, sarung, serta beberapa bantuan lainnya.


 
Kemudian sekitar pukul 9.00 WIB, rombongan mengungjungi LPTQ Aceh Utara di Kota Lhoksukon, setelah itu langsung  bertolak ke bandara Malikussaleh untuk kembali ke Jakarta dan berjanji akan kembali pada awal Ramadhan nanti sebagai lanjutan dari kunjungan pertama ini. [rmol/ian]