BMKG Ranai Himbau Agar Waspadai Cuaca Buruk Selama Juni 2015

Selasa, 2 Juni 2015 22:29 WIB
442x ditampilkan Natuna

NATUNA - Stasiun Meteorologi Ranai mengimbau masyarakat dan nelayan di Natuna agar mewaspadai cuaca buruk selama Juni 2015 ini yang berpotensi hujan disertai badai guntur.


"Cuaca di Natuna saat ini dipengaruhi musim transisi. Itu berarti hujan secara tiba-tiba disertai guntur dan angin kencang," ungkap Prakkirawan BMKG Ranai, Asrull Selasa.

 
Dari analisa BMKG juga kata dia, cuaca saat ini sangat dipengaruhi suhu permukaan laut yang hangat, dengan kisaran 27 hingga 30 derajat celcius.
 
Kemudian tambah dia, daerah tekanan rendah di Samudra Pasifik, sebelah timur Filipina (1009 hpa) terjadinya belokan angin, sehingga memicu perubahan suhu dan cuaca di wilayah laut Natuna.
 
"Hal ini menyebabkan terjadinya hujan lokal disertai badai guntur untuk beberapa hari belakangan," jelas dia lagi.
 
Untuk sepekan ke depan jelas dia, masih akan terjadi hujan lokal disertai badai guntur, karena pertumbuhan awan-awan kovektif (awan gelap dan tebal) lebih cepat terbentuk terutama di sekitar daerah Bunguran Besar. Dan untuk sejumlah wilayah Natuna bagian selatan cenderung stabil.
 
"Di beberapa wilayah Natuna yang berada di sekitar Bunguran Besar kecenderungan terbentuk awan konvektif, artinya akan ada hujan dan disertai angin kencang dan guntur. Sedangkan untuk wilayah Serasan Pulau Laut dan Pulau Tiga, dan Midai cenderung cerah," paparnya.(ant)