Mendagri Berharap Pilkada 2015 Dapat Menghasilkan Pemimpin yang Berkualitas

Jumat, 5 Juni 2015 05:24 WIB
289x ditampilkan Nasional

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo berharap semua masyarakat yang punya hak memilih dapat menggunakan hak pilihnya di Pilkada serentak gelombang 2015.


Pilkada serentak gelombang pertama akan digelar pada 9 Desember 2015. Pilkada ini akan diikuti oleh 269 daerah, 260 kabupaten/kota dan 9 provinsi.

"Pemerintah sangat berharap semua penduduk yang berhak memilih dapat menggunakan hak pilihnya," kata Sekjen Kemendagri Yuswandi A. Temenggung saat membacakan sambutan Menteri Tjahjo, dalam acara penyerahan Daftar Penduduk Pemilih Potensial Pemilihan (DP4) Pilkada 2015 kepada Ketua KPU Husni Kamil Manik di Jakarta, Rabu (3/6) kemarin.

Jumlah DP4 Pilkada 2015 yang diserahkan Kemendagri kepada KPU total 102.068.130 pemilih.

Menteri Tjahjo juga berpesan, kepada penyelenggara pemilihan agar dapat menggelar pemilihan sesuai asas langsung, umum, bebas dan rahasia, sehingga dapat menghasilkan pemimpin yang berkualitas, dan dapat diterima oleh masyarakat luas.

"Kepada penyelenggara, semoga dapat melaksanakan Pilkada serentak Tahun 2015 ini secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil. Kita berharap forum ini (pilkada) dapat menghasilkan kepala daerah yang betul-betul berkualitas, berkompetensi, integritas dan punya kapabilitas serta memenuhi unsur akseptabilitasnya," imbuh Yuswandi. [rmol/rus]