ITS Siap Pamerkan Sepeda Listrik di IIMS 2015

Senin, 15 Juni 2015 07:51 WIB
449x ditampilkan Pendidikan

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya akan memamerkan hasil karya mereka yakni roda dua bertenaga listrik di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2015 Agustus mendatang.


Ketua tim riset kendaraan listrik ITS, Muhammad Nur Yuniarto mengatakan, sepeda motor listrik tersebut merupakan target jangka pendek kampus.

 

"Sepeda motor listrik yang akan dipamerkan di IIMS 2015 adalah sepeda motor listrik jenis skuter dan sepeda motor listrik jenis klasik," kata Muhammad Nur.

 

ITS selama ini dikenal reputasinya sebagai penghasil kendaraan listrik. Di antara hasil karya kampus yang dipimpin Joni Hermana itu adalah Ezzy 1 dan Ezzy 2 yang mampu melaju dengan kecepatan 150 kilometer per jam. Keduanya menggunakan motor listrik berbeda. Ezzy 1 menggunakan motor Axial dan Ezzy 2 motor jenis Radial. Sebagian besar komponen mobil listrik tersebut menggunakan kandungan lokal. Hanya saja motor penggeraknya masih diimpor. Untuk Ezzy 1 didatangkan dari Inggris sedangkan Ezzy 2 dari China.

 

Produk lainnya adalah bus listrik yang sumber energinya memanfaatkan sinar matahari. Biaya pembuatannya menelan biaya Rp1,5 miliar. Dana tersebut belum termasuk biaya penelitian.

 

Menurut Muhammad Nur, energi dari sinar matahari disimpan dalam kapasitor yang terhubung ke baterai. Baterai juga bisa diisi di perangkat listrik konvensional. Peralatan-peralatan itulah yang menyedot biaya sehingga biaya produksinya tinggi.

 

Bus listrik ini merupakan karya kelima ITS setelah sebelumnya meluncurkan Ezzy ITS 1, Ezzy ITS 2, Braja Wahana, dan Sapu Angin Surya.(okz)