Penari SMAN 68 Jakarta Siap Harumkan Nama Indonesia di Jerman

Ahad, 28 Juni 2015 11:34 WIB
432x ditampilkan Pendidikan

Ajang 'Danetzare International Folklore Festival' di Erfurt Jerman pada tanggal 3-15 Juli 2015 mendatang, akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi generasi muda Indonesia, khususnya pelajar SMA Negeri 68 Jakarta karena bisa tampil mengharumkan bangsa di luar negeri.


SMAN 68 Jakarta bekerja sama dengan CIOFF Indonesia membentuk tim tari untuk ikut berpartisipasi dalam ajang yang diikuti 10 negara, termasuk Indonesia dengan membawa 29 orang, terdiri 10 pemusik dan 19 penari yang akan membawakan tari tradisional Indonesia. Antara lain tarian Yapong, Nandak, Topeng, Enggang Balian, Mandau dan Tifa.



Sebelum tim berangkat ke Jerman, diadakan acara pelepasan tim tari murid-murid SMA 68 dengan menggelar pertunjukan tari yang akan dibawakan nantinya dalam ajang vestifal, di Aula SMAN 68 Jalan Salemba, Jakarta Pusat, Sabtu (27/6) kemarin.



"Meski SMAN 68 baru pertama kali berangkat ikut festival CIOFF, mereka berlatih termasuk cepat dalam waktu lima bulan," ujar pelatih tari, Yunita Hardiyanti.



Uniknya, kata Yunita, dalam mengikuti festival tersebut grup tari SMAN 68 ini menyiapkan Flashmob dalam penampilannya yang ceria, aktif dan seru.



"Tarian yang ditarikan bersamaan dalam jumlah penari yang besar," katanya.



Dijelaskannya pula, Flashmob dapat diartikan sebagai sekelompok orang yang berkumpul pada waktu dan tempat yang telah ditetapkan untuk melakukan suatu hal.



Sebelumnya, Presiden CIOFF Indonesia Said Rachmat menjelaskan, sesuai pengertian yang ditentukan oleh Unesco yang terus menghidupkan budaya Indonesia di manca negara.



"Setidaknya setiap tahunnya 15 grup berhasil berangkat mengharumkan nama Indonesia di berbagai festival dan perlombaan yang tersebar di seluruh dunia," pungkas Said.



Sementara itu salah satu pelajar kelas XI IPS-2, Lorita Vina Amalia merasa gembira dan bangga dapat ikut tampil di ajang festival internasional ini karena dapat membawa nama bangsa dan negara. [rmol/rus]