Mahfud MD: Jimly, Busyro, Johan Calon Pimpinan KPK yang Bagus

Senin, 13 Juli 2015 04:31 WIB
378x ditampilkan Nasional

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD tidak ikut mendaftar sebagai calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi karena sudah punya kegiatan lain.


"Saya memang tidak ikut daftar capim KPK. Ada aktivitas lain," jelas Mahfud menjawab follower-nya lewat akun Twitter @mohmahfudmd Minggu (12/7).



Meski begitu, guru besar Fakultas Hukum Universitas Islam Negeri ini memastikan akan terus ikut perang melawan korupsi. 



"Tp saya kan tak harus ke KPK. Sudah ada calon-calon yang bagus seperti Jimly, Busyro, Johan," tandas Mahfud, yang juga Ketua Presidium KAHMI ini. 



Mantan Ketua MK Jimly Asshiddiqie dan Plt pimpinan KPK Johan Budi termasuk calon pimpinan KPK saat ini. Sementara Busyro Muqoddas sudah lolos dalam seleksi sebelumnya dan tinggal mengikuti uji kelayakan dan kepatutan di DPR.



Sebelumnya, sebanyak 194 orang pendaftar lulus dalam tahap seleksi administrasi calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan mengikuti seleksi tahap kedua kali ini. Dari jumlah tersebut, sebanyak 23 orang merupakan perempuan, sementara 171 orang lainnya merupakan laki-laki.



Sebanyak 194 orang tersebut berasal dari berbagai profesi, diantaranya 46 orang advokat atau konsultan hukum, 31 orang berasal dari swasta dan BUMN, 28 orang dosen, 23 orang penegak hukum (polisi, jaksa dan hakim), sepuluh orang auditor, dan empat orang dari KPK. [rmol/zul]