Tahapan RTLH di Lingga Masih Dalam Pengumpulan Proposal Dari Masyarakat

Selasa, 11 Agustus 2015 08:33 WIB
443x ditampilkan Lingga

LINGGA - Tahapan proses penyaluran bantuan sosial program rehabilitas Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) Tahun 2015 di Kabupaten Lingga, saat ini masih dalam tahap pengajuan proposal dari masyarakat kepada dinas terkait, Selasa (11/8).


Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Lingga, Said Ibrahim mengatakan program bantuan RTLH di Lingga, saat ini masih tahap pengumpulan proposal dari kelompok masyarakat yang ada di desa. Penyaluran dana program pengentasan kemisikinan itu merupakan bantuan dari Pemkab Lingga dan dana pendamping dari APBD Provinsi Kepri.


”Informasi yang kami terima, sudah ada kelompok yang mengajukan proposal bantuan kepada Dinsosnakertrans. Setelah diverifikasi, selanjutnya Dinsos menyerahkan ke Dinas Pendapatan Pengelolaan dan Aset (DP2KA) Lingga, untuk pencairan anggaran,” kata Said.


Said mengatakan, ditahun ini ada sebanyak 1.419 rumah tangga sasaran sebagai penerima RTLH tahun 2015. Jumlah itu berasal dari 52 desa dan dua kelurahan, dari enam kecamatan se-Kabupaten Lingga. Masing-masing rumah tangga sasaran akan menerima bantuan sebesar Rp18,5 juta, untuk membangun rumah yang layak huni.


”Total dana untuk bantuan RTLH tahun sebesar Rp 25,5 miliar. Dana yang disediakan Pemkab Lingga dengan Pemprov itu, satu banding dua. Jika Pemkab membangun satu rumah, maka pihak Pemprov Kepri akan bangun dua rumah,” katanya.


Sejak program RTLH diluncurkan pada tahun 2011 lalu, jelasnya, sudah ada 4.821 rumah tangga sasaran yang telah dibantu pemerintah. Dari jumlah tersebut, 3.400 rumah diselesaikan dengan baik. Pemkab Lingga dan Pemprov Kepri selalu melakukan evaluasi setiap tahun, agar program RTLH berjalan baik.


Data yang diperoleh tahun 2015, rumah tangga sasaran yang mendapatkan program RTLH itu berada di Kecamatan Senayang 575 unit, Kecamatan Lingga 128 unit, Kecamatan Lingga Timur 86 unit, Kecamatan Lingga Utara 332 unit, Kecamatan Selayar 105 unit dan Kecamatan Singkep Barat 193 rumah.