Kadiskes Kota Batam : Puskesmas Akan Buka 24 Jam

Selasa, 18 Agustus 2015 17:37 WIB
527x ditampilkan Batam

BATAM - Guna meningkatkan pelayanan masyarakat, pemerintah pusat mencanangkan pelayanan 24 jam puskesmas. Hal tersebut guna mewujudkan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Kedepannya, para dokter yang bertugas di pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) akan bertugas 24 jam di masing-masing puskesmas.

 

Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Chandra Rizal mengatakan program tersebut akan mulai diberlakukan pada agustus ini “mulai agustus ini puskesmas akan buka 24 jam. Nanti nya aka nada 2 petugas, satu dokter dan suster yang bertugas pada jam malam” kata Chandra. Chandra juga menambahkan selain 2 petugas tersebut juga akan ada petugas sanitarian.
 
Chandra juga menjelaskan perbedaan upah pada jam operasional malam “kalau biasanya siang upah yang diberi sebesar 3.500 per pasien maka untuk jam malam diberikan upah Rp 6.000 per pasien”. Selain itu, berdasarkan keterangan yang diberikan Chandra, pihaknya akan mendapatkan bantuan tujuh orang tenaga medis dari pemerintah pusat untuk ditempatkan di pulau-pulau terdepan kepri seperti belakang padang. “tenaga medis tersebut akan di gaji oleh pemerintah pusat sementara pemko batam diminta untuk menyediakan tempat tinggal, izin praktek dan jaminan keamanan” kata Chandra.