Seharusnya Dari Awal KPK Dipermanenkan

Selasa, 18 Agustus 2015 22:44 WIB
389x ditampilkan Nasional

Pernyataan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarno Putri yang menyebut Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dibubarkan bila sudah tidak ada korupsi terus menuai pendapat beragam.



Bagi praktisi hukum Ichie Siregar, KPK seharusnya sedari awal dipermanenkan dan dijadikan lembaga dengan memasukkan keberadaan dan garis-garis besar pengaturannya di dalam konstitusi (UUD 1945) melalui mekanisme amandemen. Dengan begitu, KPK tidak mudah begitu saja untuk dibubarkan.

"Saya khawatir wacana untuk membubarkan KPK akan membesar seiring dengan banyaknya kritik-kritik masyarakat atas kinerja KPK selama ini. Apalagi setelah 13 tahun dibentuknya KPK korupsi masih saja berlangsung tanpa tanda-tanda tuntas terbasmi," ujar Ichie saat berbincang dengan Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (18//8).

Ichie lantas mempertanyakan apa alasan yang tepat untuk benar-benar membubarkan lembaga antirasuah. Apalagi, saat ini penilaian publik kinerja KPK sudah sangat maksimal.

"Saya menilai cara, konsep dan figur dari pemberantasan merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Cara pemberantasan korupsinya harus tepat dan benar, konsepnya juga harus memadai dan teruji, serta figur-figur yang mengemban kewenangan pemberantasan korupsi harus figur yang kredibel, berintegritas, dan merupakan sosok negarawan yang tidak silau dengan tawaran-tawaran kekuasaan," terangnya. [RMOL/sam]