Beasiswa S-3 Ke Jepang untuk Para Dosen

Jumat, 28 Agustus 2015 06:57 WIB
429x ditampilkan Pendidikan

ITACHI Scholarship Foundation akan memberikan beasiswa bagi dosen yang sedang mengejar gelar doktor. Beasiswa bisa diambil di berbagai perguruan tinggi Jepang.

Durasi beasiswa adalah 3,5 tahun untuk jenjang S-3 dalam bidang sains dan teknologi. Program terbuka untuk para dosen dari seluruh negara Asia Tenggara.

Khusus di Indonesia, pelamar merupakan dosen di Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Mereka harus dinominasikan rektor serta direkomendasikan oleh dosen senior di kampus masing-masing sebagai kandidat potensial untuk kolaborasi riset internasional setelah lulus. Syarat lainnya adalah, pelamar harus sudah menerima undangan dari profesor di perguruan tinggi Jepang yang akan menjadi pembimbing selama masa studi.

Penerima beasiswa akan mendapatkan bantuan finansial, asistensi dan konsultasi akademis. Yayasan akan memberikan biaya studi sesuai ketentuan kampus, tunjangan kuliah lapangan 50 ribu yen per tahun serta tunjangan konferensi internasional maksimal 200 ribu yen dengan persetujuan dosen pembimbing. Fasilitas lainnya adalah transportasi menggunakan pesawat kelas ekonomi, tunjangan biaya hidup 180 ribu yen per bulan, serta tunjangan tempat tinggal maksimal 40 ribu yen per bulan untuk hidup sendiri atau dengan keluarga.

Salah satu faktor utama seleksi adalah alasan kampus asal merekomendasikan pelamar dan rencana apa yang dimiliki kampus untuk pelamar setelah lulus. Jika lembaga pelamar telah memiliki kerjasama atau kolaborasi dengan laboratorium yang dikepalai profesor di Jepang, maka panitia seleksi akan memberikan pertimbangan positif pada kandidat tersebut.

Yayasan menerima berkas lamaran hingga 31 Oktober dari kantor rektorat, bukan atas nama pribadi pelamar. Berkas lamaran harus dilengkapi dengan surat rekomendasi dari kepala departemen atau dekan serta surat keterangan diterima oleh profesor di perguruan tinggi Jepang.

Informasi lengkap bisa disimak di laman Hitachi Scholarship Foundation.