Demokrat Kirimkan Bantuan ke Pekanbaru Untuk Atasi Dampak Asap

Senin, 7 September 2015 06:06 WIB
454x ditampilkan Nasional

Partai Demokrat memutuskan menurunkan bantuan ke Pekanbaru, Riau dalam upaya mengatasi persoalan asap di enam provinsi. Partai yang dipimpin oleh Ketua Umum Susilo Bambang Yudhoyono itu menyalurkan 55.000 masker dan tenaga dokter yang merupakan kader Partai Demokrat.


"Atas perintah Ketum, dari kemarin sudah berusaha serahkan bantuan masker. Ada 55.000 masker, termasuk tenaga medis untuk penanganan ISPA (infeksi saluran pernapasan atas) dan berkaitan dengan tenggorokan," ujar Ketua Divisi Tanggap Darurat Partai Demokrat Umar Arsal dalam jumpa pers di kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, Minggu (6/9/2015).

 

Ia mengatakan, bantuan itu seharusnya sudah bisa sampai di Pekanbaru. Namun, dalam waktu dua hari ini, penerbangan ke Pekanbaru sulit dilakukan karena asap tebal sehingga upaya pemberangkatan bantuan akan dilakukan melalui Padang, Sumatera Barat.

 

Umar menjelaskan, bantuan difokuskan di wilayah Riau karena wilayah ini memiliki Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU). Dia menyebutkan dari 10 alat ISPU yang tersebar di Riau, sebanyak 6 alat di antaranya sudah menyatakan bahwa kualitas udara di sana berbahaya.

 

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Syarief Hasan mengatakan bahwa partainya menginginkan agar pemerintah bisa meningkatkan kecepatan upaya mengatasi persoalan asap ini. Pemerintah perlu menggencarkan upaya mengatasi asap yang bersinergi dengan pemerintah daerah dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

 

"Sekali lagi, yang diperlukan suatu koordinasi dan action plan cepat, baik di antara menteri, pemda, dan seluruh stakeholder," kata Syarief.

(kms)